Android Logo

Android Punya Masa Depan Yang Cerah

Ponsel berbasis Android memiliki masa depan yang cukup cerah. Hal ini dinyatakan dari perkembangan penjualan dengan peningkatan yang cukup signifikan. Angka penjualan sebesar 17,2% secara global dari babak kuarter kedua ini berhasil mereka raih, dimana tahun lalu mereka hanya mampu mencapai angka 1,8% berdasarkan penelitian yang dilakukan Gartner Group.

Berdasarkan tabel penjualan Gartner Group mengenai penjualan ponsel berdasarkan sistem operasi ponsel tersebut, perkembangan penjualan ponsel berbasis Android yang cukup pesat ini bahkan mengalahkan salah satu pesaing terberat mereka, iPhone, ponsel berbasis iOS yang hanya menduduki peringkat ke-4, sementara Android mampu menduduki peringkat ke-3. Tidak hanya itu, Android bahkan menggeser posisi handphone berbasis RIM, Blackberry, sebagai nomor satu dari penjualan handphone berdasarkan sistem operasi di Amerika Serikat.

“Sebuah strategi non-eksklusif yang menghasilkan penjualan produk melalui berbagai penyedia layanan komunikasi / Communication Service Providers (CSP), dengan dukungan dari berbagai produsen manufaktur yang begitu banyak, menjadi beberapa faktor yang menghasilkan pertumbuhan dari kuartal kali ini.” Ujar Carolina Milanesi, wakil presiden bagian penelitian dari Gartner Group.

Kekalahan iOs sebagai salah satu sistem operasi favorit diperkirakan sebagai suatu akibat dari masalah pengaturan inventori yang ketat dalam peluncuran iPhone 4 di akhir kuartal kedua tahun 2010 ini. Apple juga mengalami masalah Antenna Gate dan masalah pasokan pada perangkat terbaru mereka.

Dengan berbagai macam vendor yang berlomba-lomba menciptakan ponsel berbasis Android, masa depan sistem operasi ini tampaknya sudah terjamin. Sifatnya yang 100% open source menjadikan siapapun bebas mendownload source code dari Android, mendistribusikan, atau bahkan memodifikasinya. Apalagi bila anda merupakan seorang Google freak, dimana sistem operasi ini sangat terintegrasi dengan berbagai servis dan produk Google.