Doodle Logo

Bermimpi Dalam Kreasi Bersama Doodle4Google

Google tahun ini mengadakan kompetisi bagi para anak dan remaja untuk melatih dan mengembangkan kreativitas mereka. Kompetisi ini diberi nama Doodle4Google – suatu ajang kompetisi yang ditujukan bagi para anak dan remaja Amerika Serikat berusia 5-18 tahun dengan cara mendesain logo Google dengan tema “Jika aku bisa melakukan apapun, aku akan.. “ .

Kompetisi ini dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan kelas sekolah :
• Dibawah kelas 3
• Kelas 4 – 6
• Kelas 7 – 9 (setingkat SMP)
• Kelas 10 – 12 (setingkat SMA)

Yang juga terbagi lagi ke dalam 10 regional berdasarkan kota asal peserta. 100 karya terbaik dari setiap kelompok akan dimasukkan kedalam 400 finalis Negara bagian, yang selanjutnya diseleksi kembali sehingga hanya ada 1 karya per kelompok dari setiap regional yang terpilih kedalam 40 finalis regional. Semua kegiatan seleksi tersebut dilakukan oleh para juri terpilih : ilustrator-ilustrator ternama, kartunis dan animator dari organisasi seperti Disney, The Sesame Street Workshop, dan Pixar Animation Studios.

Craig Hammond

Jika aku bisa melakukan apapun, aku akan memberikan semua orang di dunia sebuah komputer super cepat dan internet sehingga mereka bisa menjadi teman. Mereka bisa saling membantu. Mereka bisa menemukan jawaban atas masalah bersama-sama. Mereka bisa bersenang-senang bersama. Orang tidak akan pergi berperang karena mereka adalah teman.
Craig Hammond, 7 tahun, Las Vegas, Nevada – finalis regional

Keempat puluh finalis regional tersebut dipajang di Doogle4Goodle untuk penjurian secara online-voting mulai 18 Mei 2010 hingga 25 Mei 2010. Pemenangnya akan ditampilkan di homepage Google pada tanggal 27 Mei 2010.

Sang juara utama akan mendapatkan beasiswa sebesar $15.000 yang akan digunakan di sekolah pilihannya, perjalanan ke kantor New Google York untuk suatu event pada tanggal 26 Mei 2010, sebuah laptop, sebuah Wacom Digital Design Tablet, dan t-shirt berisi hasil karyanya. Tidak hanya itu, Google juga memberikan sumbangan ke sekolah sang pemenang sebesar US$25.000 untuk pengembangan laboratorium komputer sekolah tersebut.

Google Earth Day Logo

Doodles (secara harafiah berarti gambar-gambar yang dibuat tanpa tujuan khusus) merupakan cara Google untuk merayakan event-event unik – sebut saja, ulang tahun Albert Einstein, festival seni Singapore, bahkan hari Shakespeare – melalui berbagai kreasi logo Google. Team Doodle Google sendiri sudah menciptakan lebih dari 300 logo untuk Google.com dan lebih dari 700 logo didesain secara internasional. Tidak hanya itu, Google juga menerima permintaan logo khusus atau bahkan mengirimkan logo kreasi sendiri dengan cara mengirimkan email ke proposals@google.com.

Update

Google Pac Man 30th Anniversary

Google memasang Doodle Pac Man untuk merayakan ulang tahun Pac Man ke-30 pada hari ini. Lebih dari sekedar gambar biasa, Doodle kali ini mengeluarkan suara dan bisa dimainkan layaknya sebuah game. Google dalam Doodle kali ini hanya menggunakan HTML, JavaScript, CSS dan tidak menggunakan Flash sama sekali sehingga Doodle Pac Man ini dapat dimainkan juga melalui iPod Touch, iPhone dan iPad.