Blekko Logo

Blekko : Mesin Pencari Dengan Konsep Baru

Pasar mesin pencari memang sudah memiliki rajanya sendiri. Adalah Google, dengan 65% penguasaan pasar, yang sudah menduduki singgasananya setelah sekian lama tanpa gangguan yang berarti. Sebutlah Wikia, Cuil, dan berbagai situs lain yang sudah dipersiapkan dengan baik, namun pada akhirnya mengalami jalan buntu. Yahoo sebagai sang nomor dua pun baru saja melakukan aksi penyelamatan diri, sementara Microsoft membuang jutaan dolar hanya untuk ikut berpartisipasi dalam persaingan ini. Namun pendatang baru kali ini, Blekko.com, mencoba maju ke depan dan menjajal keberuntungannya.

Blekko sendiri telah berjuang sekitar 2.5 tahun lamanya – pertama kali ditemukan Techcrunch di Januari 2008 kemarin. Blekko sudah berhasil mengumpulkan 3 babak pencarian dana sejumlah total 20 juta USD dari berbagai investor di Silicon Valley.

Blekko sejauh ini masih dalam tahap pencobaan secara beta, namun Techcrunch mendapatkan kesempatan untuk menguji kemampuan mesin pencari baru tersebut. Mencoba tampil berbeda dengan cara lain, Blekko tahu bahwa Google tak bisa dikalahkan dalam segi besarnya indeks, ketepatan, dan kecepatan, paling tidak hingga saat ini. Blekko memberikan penggunanya alat untuk melakukan berbagai cara baru untuk melakukan pencarian yang tidak disediakan di berbagai situs lain,juga menyediakan level akses algoritma terbaru dan data yang digunakan untuk meyakinkan ketepatan situs tersebut.

Blekko Test

Blekko menyebutnya sebagai slashtags, seperti /news atau /date atau berbagai kombinasi yang mempermudah anda menyaring hasil dari pencarian yang pengguna inginkan. Pengguna juga bisa membuat slashtag mereka sendiri berdasarkan sebuah grup dari berbagai URL. Jika pengguna menampilkan slashtag tersebut untuk umum, pengguna lain juga bisa menggunakan slashtag tersebut.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan pencarian berdasarkan variasi API, seperti mengetik /amazon untuk mencari pada amazon, /tumblr.com untuk mencari pada tumblr, atau web apapun. Kemudahan ini membuat Blekko optimis akan disukai oleh pengguna yang sering melakukan advanced search, atau bahkan pengguna biasa karena sifatnya yang mudah digunakan. Bleko pun bersifat transparan; menampilkan berbagai data dibalik hasil yang ada pada indeks mereka.

Blekko saat ini masih dalam closed private beta. Jika Anda menginginkan undangan, like Facebook mereka atau follow Twitter mereka atau kirimkan mereka sebuah Tweet. Tidak sabar ingin mencoba? Setidaknya Anda dapat mengintip video demo berikut sekarang juga :