AOL Akuisisi TechCrunch

Cerita Dibalik Akuisisi AOL Terhadap TechCrunch

Berita pengakuisisian Techcrunch oleh AOL, perusahaan layanan global web yang terkenal ini memang sudah tersebar kemana-mana. Jatuhnya Techcrunch ke tangan AOL memang cukup mengejutkan. Di satu sisi, hal ini menunjukkan kesuksesan Michael Arrington, tulang punggung Techcrunch, dalam membawa Techcrunch ke titik yang lebih tinggi lagi. Apa yang melatar belakangi pengakuisisian ini? Dan apa yang akan terjadi dengan Techcrunch selanjutnya?

Michael Arrington membuka mulut bahwa rencana pengakuisisian ini sudah dibahas sejak bulan Mei lalu. Arrington mengakui bahwa ia lelah; bukan lelah untuk menulis, melainkan lelah menghadapi berbagai masalah teknikal yang merintangi hobinya menulis. Bagaimanapun juga, Techcrunch dibangun oleh berbagai penulis, yang tidak memiliki pengetahuan teknikal yang  cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Dan kehadiran AOL mengatasi segalanya.

Sebagai suatu perusahaan yang sudah memiliki jaringan blog terbesar di dunia, tentunya Techcrunch sudah tidak perlu menghawatirkan masalah teknikal lagi, dan bisa kembali berfokus pada dunia tulis-menulis. Berbagai pembicaraan membawa Techcrunch dan AOL menuju suatu kesepakatan : akuisisi. Arrington sendiri berencana untuk tetap tinggal bersama AOL dalam kurun waktu yang cukup lama.

Apakah ini berarti Techcrunch akan kehilangan sisi kritis mereka dalam dunia berita, terutama ketika mereka menulis sesuatu yang berkaitan dengan AOL sendiri? Arrington memberi penegasan bahwa AOL tidak menghalangi Techcrunch untuk mengkritik mereka selama mereka merasa itu perlu. Tim Armstrong, CEO AOL, mengatakan bahwa mereka tidak ingin kehilangan sesuatu yang membuat Techcrunch ”spesial”.

Di sisi lain, Techcrunch jelasnya akan menambah jumlah pembaca dan membantu AOL dalam pencapaian strategi mereka untuk menjadi pemimpin dalam penyediaan konten secara global, terpercaya serta orisinal untuk konsumen mereka.

Sebagai salah satu situs berita yang terpercaya dengan tingkat valuasi blog yang tinggi, tentu saja kita berharap pengakuisisian ini membawa kemajuan bagi kedua belah pihak.

Bagaimana dengan jumlah uang yang dikeluarkan AOL untuk menarik Techcrunch ke sisi mereka? Hal ini masih merupakan misteri, dan Techcrunch sendiri tidak ingin membuka mulut mengenai hal ini, namun salah satu sumber mengatakan bahwa angka tersebut mencapai US$ 25 juta. Wow.