Cisco Akuisisi Skpe

Cisco Akuisisi Skype, Lalu?

Skype bukan merupakan suatu nama yang asing di dunia Internet. Sebagai perusahaan raksasa VoIP dengan 60 juta pengguna, perusahaan ini baru saja akan mengakhiri karir mereka sebagai perusahaan privat dengan mengisi formulir IPO (Initial Public Offering),meski tampaknya hal itu tidak akan terjadi. Terdengar kabar bahwa Cisco mencium wangi keuntungan dari Skype, dan berencana merogoh kocek mereka cukup dalam untuk mengakuisisi perusahaan tersebut.

Sebagai tambahan dari pengajuan IPO mereka, Skype mengungkapkan beberapa detail menarik mengenai perusahaan mereka. Skype berhasil menghasilkan keuntungan sebesar 116 juta USD dalam pendapatan 6 bulan pertama mereka di tahun 2010 melalui metrik non-GAAP. Hal ini tentunya membuat Skype semakin menggiurkan dengan kemampuan mereka dalam menghasilkan keuntungan.

Tampaknya Cisco cukup serius dalam tindakan akuisisi ini. Uang sejumlah 5 juta USD akan mengalir dari kantong Cisco dan menjadi harga yang harus mereka bayar untuk menundukkan Skype. Bila kebenaran berita ini sudah dipastikan, maka perusahaan yang berkecimpung di bidang hardware, software, networking, dan teknologi komunikasi ini tampaknya sudah siap menghadapi kompetisisi yang cukup kuat melawan saingan terberat mereka, Google, yang baru-baru saja meluncurkan fitur terbaru mereka untuk melakukan panggilan ke telepon diluar komputer, dengan harga yang cukup murah.

Kabar lain yang menyatakan bahwa Google juga menaruh minat terhadap pengakuisisian Skype membuat berita ini menjadi semakin menarik. Tampaknya berbagai kekuatiran mengenai kepercayaan membuat Google menahan diri untuk membuat penawaran. Google sendiri sudah memiliki layanan VoIP khusus berupa Google Voice, classic Gmail voice dan video chat, bahkan melakukan panggilan ke berbagai nomor telepon yang ada.

Kekuatan VoIP sebagai alat komunikasi modern memang tidak bisa dielakkan lagi. Tampaknya masa depan terlihat cukup jelas dimana telepon berbasis internet akan menjadi jalan utama dalam berkomunikasi melalui suara. Akankah ini menjadi suatu ancaman untuk berbagai perusahaan jaringan telepon? Pengakuisisian yang dilakukan Cisco terhadap Skype tentunya akan menempatkan perusahaan tersebut untuk dalam posisi yang siap untuk mendominasi masa depan, dengan kekuatan yang sudah mereka bangun sebelumnya.