Diaspora Logo Twitter

Diaspora Lepas Project Code Kepada Para Developer

Meski belum siap meluncur ke publik, Diaspora, proyek jaringan sosial open-source memperlihatkan kepada dunia mengenai isi proyek tersebut untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, mereka juga melepas kode proyek tersebut untuk para developer. Mungkinkah Diaspora bisa menjadi situs alternatif yang menarik, atau bahkan mengalahkan ketenaran Facebook yang sudah lebih dahulu menancapkan taring mereka?

Setelah melihat lebih jauh, pandangan pertama pada versi preview Diaspora ini terlihat bersih dan rapi, dengan tampilan gambar yang besar dan streaming. Beberapa fitur yang ada diantaranya:

• Membagi status dan foto anda secara privat dengan teman anda melalui “aspects”
• Berteman dengan berbagai orang di internet tanpa memandang lokasi Diaspora seed
• Mengatur teman anda menggunakan “aspects”
• Mengupload foto dan album
• Semua traffic ditandai dan dienkripsi (kecuali foto, untuk sekarang ini)

Versi alfa dari proyek ini baru akan diluncurkan Oktober 2010 nanti, dan tentunya diharapkan para developer sudah bisa melakukan tugasnya untuk membuat proyek ini semakin berkembang dari ide awal. Sebagai situs open source, Diaspora lebih terbuka terhadap berbagai saran penggunanya.

Bagaimanapun juga, Diaspora akan memiliki berbagai versi yang berbeda terhosting di berbagai tempat. Tentunya, beberapa akan terlihat berbeda, dan dengan dasar yang simpel dan “bersih” akan mempermudah tampilan Diaspora ke depannya.

Proyek Diaspora ini memang merupakan proyek yang menarik yang muncul di saat yang tepat, yaitu ketika Facebook mulai kehilangan penggemarnya akibat masalah privasi. Masalah tersebut membantu proyek ini mengumpulkan dana lebih dari US$ 200 ribu melalui Kickstarter. Meski Facebook tetap terus berkembang dan sudah melampaui 500 juta pengguna, proyek ini dianggap sebagai langkah besar mempopulerkan proyek open source.

Jika anda ingin berpartisipasi, anda bisa mendapatkan kode tersebut di sini, namun baca dulu peringatan mereka:

Jangan ragu untuk mencoba untuk menjalankannya di komputer anda dan menggunakannya, tetapi kami tidak bisa memberikan jaminan secara pasti. Kami sadar akan adanya lubang keamanan dan berbagai bugs, dan data Anda belum sepenuhnya ter-ekspor. Jika Anda menemukan sesuatu, pastikan untuk login di bugtracker kami, dan kami akan sangat senang menerima screenshot dan info browser dari anda.