Windows 8 Logo

Dokumen Rancangan Windows 8 Bocor

Hanya beberapa bulan berselang semenjak peluncuran Windows 7 pada 22 Oktober 2009, Microsoft sedang mempersiapkan sistem operasi penggantinya. Rencana tersebut terungkap dari dokumen rahasia Microsoft yang bocor. Dokumen tersebut diduga dipublikasikan ke internet oleh Active Professional Partner Microsoft Francisco Martin Garcia. Dari dokumen rahasia yang berupa file presentasi itu diketahui bahwa pengganti Windows 7 berkemungkinan besar akan diberi nama Windows 8. Apa saja hal yang terdapat pada dokumen tersebut?

Ide mengenai fitur-fitur terbaru yang akan membedakan Windows 8 dengan versi pendahulunya sudah dipersiapkan oleh Microsoft. Adanya App Store (Seperti yang dimiliki Apple; kemungkinan akan dinamakan Windows Store), berbagai device, multimedia, bantuan dan alat pendukung, serta penemaan. Windows 8 akan dibuat lebih sederhana dibandingkan pendahulunya.

Target pasar dari Windows 8 pun berubah, seiring dengan kemungkinan bahwa Cina akan menjadi target pasar nomor satu pada tahun 2013 ini, mengingat kekuatan PC berharga murah seperti netbook akan terus berkembang.

Internet Explorer 9 akan menjadi bagian dari Windows 8, meskipun kemungkinan besar akan meluncur ke pasaran terlebih dahulu sebelum Windows 8. Microsoft mengharapkan Windows 8 dapat ditargetkan menjadi 3 tipe PC yang berbeda : Lap PC (berbagai netbook, tablet, dan notebook), Workhorse PC (berbagai PC untuk keperluan kerja), dan FamilyHub PC (Berbagai PC untuk keperluan di rumah).

Bagaimana dengan Windows Store sendiri? Fitur ini akan menyediakan cara yang terpercaya bagi para konsumer untuk menemukan, atau bahkan membeli, berbagai aplikasi dari Windows 8. Kebanyakan dari aplikasi tersebut adalah web applications, yang akan menggabungkan teknologi dari web dengan teknologi Windows yang akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi penggunanya. Aplikasi ini akan menyediakan kemudahan dalam pencarian dan peng-install-an, berintegrasi dengan berbagai social network yang tersedia, juga proses distribusi dan monetisasi yang fleksibel.

Windows 8 diharapkan dapat mempermudah proses back-up yang akan lebih otomatis tanpa perlu keterlibatan penggunanya lebih banyak. Proses resume setelah proses stand-by juga akan dibuat jauh lebih cepat, bahkan nyaris instan. Microsoft merencanakan untuk menyediakan berbagai fitur yang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk me-restoresistem ke keadaan yang direkomendasikan dan tombol reset yang melindungi data pribadi, konfigurasi, serta berbagai kostumisasi penggunanya.

Adalah sebuah “in-box” berbasis lokasi dengan codename Orion ; menggunakan triangulasi Wi-fi dengan akurasi antara 50-100 meter, atau IP look up dengan akurasi sejauh 25 kilometer, yang akan disediakan Windows 8 sebagai improvisasi dari pendahulunya. Fasilitas sensor lain seperti sensor kehadiran manusia (kinect) dengan sistem pengenalan wajah dan fungsi pendeteksi perhatian, pencahayaan, orientasi sistem, akselerometer, infrared, dan sebagainya. Fitur ini dapat mendeteksi jika si pengguna masuk ke dalam ruangan dan mendekati PC dan langsung secara otomatis menyalakan PC tersebut dan login ke dalamnya, dan sebaliknya ; mematikan PC tersebut jika pengguna meninggalkan ruangan selang beberapa waktu secara otomatis.

Microsoft merencanakan peluncuran Windows 8 sekitar pertengahan 2012, dengan percobaan beta secara publik pada akhir 2011. Proses peluncuran dibagi dalam 3 fase : Perencanaan, Pengembangan, dan Penyediaan. Windows 8 dan Windows Server “8” sendiri akan dikembangkan secara bersamaan.

Tidak sabar untuk melihat lebih jauh mengenai Windows 8?