Domain .Ly Berada Di Ujung Tanduk

Domain .ly Berada Di Ujung Tanduk

Ancaman datang dari Libya. Berbagai situs pemendek URL seperti Bit.ly, Hootsuite (dengan layanan Ow.ly mereka), Ad.ly, dan mungkin bahkan smel.ly berada di zona bahaya dan beresiko disita dan dihilangkan oleh pihak pemerintah Libya. Ben Metcalfe menulis di blognya bahwa domain miliknya, vb.ly, mendadak diambil alih oleh NIC.ly (pusat registrasi dan pengaturan domain milik Libya) karena isi websitenya, menurut mereka, melawan hukum islam Libya.

Kesimpulan yang diambil dari Metcalfe setelah mengalami proses yang semakin parah :

1) Domain. ly dianggap melanggar peraturan NIC.ly sehingga dideregestrasi dari daftar dan dihapus tanpa peringatan. Hal ini tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan kerusakan bagi para pemilik domain.

2) Domain. ly sedang dideregestrasi dari daftar dan dihapus karena alasan yang tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dalam Peraturan NIC.ly resmi.

3) NIC.ly tampaknya ingin memperluas jangkauan mereka di luar domain sendiri dan mengatur isi dari website yang menggunakan domain ly. Konsep ini mencakup penyensoan isi sehingga domain ly tidak bisa digunakan untuk konten yang dibuat pengguna atau pemendek URL.

4) Hukum Islam Libya / Syariah sedang digunakan untuk mempertimbangkan validitas domain, yang tidak jelas dalam kemampuan untuk mengetahui yang diperbolehkan atau tidak.

5) NIC.ly tiba-tiba memutuskan bahwa domain .Ly dibawah 4 huruf harus tersedia untuk Libya lokal.

Bagaimana komentar Anda? Jika anda tertarik untuk mendalami kelanjutan masalah ini, anda bisa langsung mengunjungi Ben Metcalfe .