Facebook Face Detection

Facebook Face Detector

Facebook kembali muncul dengan fitur terbarunya : Face Detector. Ya, teknologi yang sama yang sudah ada di berbagai kamera digital selama bertahun-tahun. Fitur ini dipercaya dapat menyelamatkan diri anda dari neraka tagging : cukup penting untuk dilakukan, tapi menyiksa secara perlahan. Bagaimana bisa?

Facebook sendiri merupakan salah satu media unggah foto yang paling sering digunakan dalam aktivitas social media. Lebih dari 100 juta foto diunggah di Facebook setiap harinya. Salah satu alasan penyebab tingginya nilai aktivitas ini adalah adanya fitur tagging yang menghubungkan satu foto dengan berbagai pengguna Facebook, sehingga pengguna tidak perlu mengunggah satu foto yang sama dengan pengguna yang lain : cukup di-tag, dan foto tersebut akan masuk ke album anda.

Kegiatan tagging foto memang tidak terasa merepotkan, sampai akhirnya anda mengunggah puluhan atau ratusan foto dalam suatu acara dengan orang-orang yang sama yang terlibat di dalamnya. Anda pun mulai men-tag foto-foto tersebut : orang yang sama, wajah yang sama, secara berulang-ulang. Inilah neraka tagging.

Fitur Face Detector pun hadir untuk mempermudah anda. Meski fitur ini masih masuk ke dalam uji coba, melalui blog resmi Facebook sudah menjelaskan cara kerja fitur terbarunya ini. Face Detector akan langsung mendeteksi wajah teman anda – yang perlu anda lakukan hanyalah mengisi kolom pertanyaan Facebook, “Wajah siapakah ini?” dan setiap foto yang “diyakini” oleh perangkat lunak tersebut berisi orang yang sama, Facebook akan secara otomatis men-tag pihak tersebut. Mari ucapkan selamat tinggal pada neraka tagging, dan biarkan perangkat lunak pintar melakukan kegiatan konyol itu untuk anda.

Belum ada kepastian jelas kapan fitur ini akan naik ke pasaran. Salah satu fakta unik dari fitur terbaru ini adalah postingan resmi dari blog Facebook yang ditulis oleh Sam Odio, salah satu co-founder dari DivvyShot yang bergabung dengan Facebook dari April lalu untuk meningkatkan kualitas dari produk foto. Tampaknya Facebook telah memilih orang yang tepat .