Facebook Logo

Facebook Follow

Jika anda sudah terbiasa dengan istilah follow-menfollow via Twitter, Facebook sedang menguji coba untuk membuat fitur serupa versi Facebook. Fitur ini diberi nama “Subscribe”, dimana anda bisa mendapat notifikasi dari berbagai teman yang anda subscribe setiap kali mereka melakukan update terbaru. Menarik?

Dengan Facebook Subscribe ini, anda tidak akan ketinggalan update dari teman terdekat, keluarga, atau pacar anda hanya dengan mengklik tombol subscribe yang berada di bagian bawah foto profil pengguna. Dengan kata lain, anda tidak perlu lagi mengecek satu persatu profil teman anda untuk mengecek update terbaru mereka, karena berbagai update tersebut akan mengalir ke bagian notifikasi anda.

Mengingat besarnya potensi Facebook Subscribe untuk menolong berbagai pengintip, Facebook membatasi kemungkinan subscribe dengan keharusan menjadi teman atau fans di Facebook untuk bisa menggunakan fitur ini. Hal ini tentunya melindungi lingkup privasi anda, jika anda merasa tidak ingin berbagi dengan orang-orang diluar teman dan keluarga anda.

Facebook Subscribe ini baru saja diuji coba oleh sedikit persentase penggunanya, dan Facebook belum banyak angkat bicara mengenai fitur ini lebih jauh. Tentunya akan lebih menyenangkan jika anda bisa mengatur update apa saja yang bisa di-subscribe oleh teman-teman anda, atau siapa saja yang boleh mengsubscribe update anda. Kemungkinan di-subscribe oleh “rekan kerja yang tidak disukai” atau “teman yang tidak terlalu dekat” bisa saja terjadi, dan tentunya anda tidak menginginkan hal itu terjadi tanpa bisa anda kontrol.

Tampaknya Facebook sedang sibuk membuat berbagai update kecil yang cukup signifikan belakangan ini. Setelah memperbaiki tampilan notes mereka, Facebook juga merapikan bagian notifikasi sehingga tidak terlihat “menumpuk” bila ada berbagai komentar mengenai suatu update yang sama. Hal ini tentunya dilakukan agar menjaga penggemar mereka beralih ke situs sosial media lainnya.

Sebelumnya juga Facebook menambahkan fitur places yang bersifat seperti Foursquare. Dengan Facebook Subscribe yang terlihat seperti Twitter, tampaknya Facebook berencana untuk menjadikan dirinya sebagai situs sosial one-stop sehingga penggunanya tidak perlu mengunjungi tempat lain karena kelengkapan yang mereka memiliki.