Firefox v3.6.4 : Tanpa Crash Karena Flash

Firefox-Logo

Tidak perlu menunggu lama, setelah peluncuran versi betanya awal Juni lalu, Firefox resmi meluncurkan update terbaru mereka, versi 3.6.4, tepatnya pada tanggal 22 Juni kemarin. Update terfokus pada masalah plug-in yang sering dialami oleh para pengguna firefox, yang menutup firefox secara paksa akibat crash ataupun freeze.

Dengan Firefox 3.6.4, Mozilla menjanjikan peramban yang tak terganggu dengan crash akibat penggunaan berbagai plug-in bagi para pengguna Windows dan Linux, serta pemberantasan berbagai bug untuk melengkapinya.

Menurut pengumuman resmi dari blog Mozilla, percobaan dari versi beta memberi laporan yang cukup signifikan mengenai berkurangnya crash yang dialami para pengguna ketika sedang menonton video secara online atau bermain game yang menggunakan plug-in. Ketika plug-in tersebut crash atau freeze, pengguna bisa merefresh halaman tersebut tanpa harus menutup Firefox.

Perlindungan dari crash ini untuk sementara terfokus kepada beberapa plug-in yang paling sering digunakan dalam kegiatan peramban, seperti Adobe Flash, Apple Quicktime, dan Microsoft Silverlight. Para pengguna Mac tampaknya harus bersabar menunggu update berikutnya untuk mendapat jatah perlindungan ini. Penyediaan perlindungan bagi para pengguna Mac membutuhkan banyak perubahan dalam infrastruktur Firefox, seperti yang ditulis Mashable. Bagaimanapun juga, tampaknya perlindungan tersebut baru akan tersedia bagi pengguna Mac melalui Firefox 4 yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Mozilla sendiri menyadari bahwa plug-in memiliki fungsi yang penting di berbagai web dalam menjelajahi dunia internet. Di waktu yang bersamaan, plug-in malah bisa menjadi boomerang yang membawa masalah bagi penggunanya. Dengan kemampuan pengingat update yang secara otomatis memberi peringatan kepada penggunanya ketika plug-in mereka sudah “kadaluarsa”, dan ditambah dengan perlindungan anti crash ini, Mozilla tampaknya cukup bekerja keras dalam menjaga nama baik mereka sebagai salah satu peramban terfavorit.

Persaingan dalam dunia peramban web memang sedang cukup sengit belakangan ini. Update terbaru yang dilakukan Mozilla ini tampaknya dilakukan untuk menyaingi Google Chrome yang sudah terlebih dahulu menjanjikan perlindungan anti crash. Anda sendiri lebih suka peramban yang mana? Firefox, Chrome, Opera, atau Safari? Ceritakan juga alasan Anda pada form komentar di bawah.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Ingin mempublikasikan ulang artikel ini di situs anda?


*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda


Top incoming search terms for this post

Tags:
Powered by WordPress