Following dan Followers Twitter Kembali Ke Nol

Following & Followers Twitter Kembali Ke Nol

Tengah malam ini, pengguna Twitter di seluruh dunia dihebohkan dengan angka following dan followers mereka yang kembali ke nol (0). Beberapa pengguna bertanya-tanya apakah gerangan yang sedang terjadi dengan Twitter saat ini. Tidak sampai 5 menit setelah kejadian, Twitter melalui account Twitter mereka memberikan pernyataan resmi tentang hal ini. Apakah yang sebenarnya terjadi?

Twitter Statement Against 0 Followers

Angka following dan followers diset menjadi 0 dan kemampuan follow/unfollow untuk sementara di-nonaktifkan selagi Twitter memperbaiki sebuah bug. Apakah gerangan bug yang membuat Twitter menonaktifkan follow/unfollow dan membuat angka following dan followers kembali menjadi 0 untuk sementara?

Follow Bug Discovered

Sebuah follow bug yang membuat kita semua mampu “memaksa” orang lain untuk memfollow Twitter kita hanya dengan mentweet melalui web “accept [username]” tanpa tanda petik. Contoh jika Anda ingin memaksa kami untuk memfollow Twitter Anda maka cukup dengan mengetik “accept hadigunawan” tanpa tanda petik maka Twitter kami telah memfollow Twitter Anda.

Tidak perlu repot mencoba teknik itu kembali karena bug tersebut telah diperbaiki oleh Twitter malam ini sehingga teknik tersebut tidak dapat digunakan lagi. Saat tulisan ini ditulis counter following/followers telah kembali normal. Kurang dari 1 jam, bug tersebut telah berhasil diatasi.

Tom Warren Twitter Reveals AutoFollow Bug

Informasi tersebut kemudian tersebar lebih luas setelah ditulis oleh Gizmodo. Beberapa saat sebelumnya Tom Warren melalui tweetnya telah mempublikasikan bug ini. Tom Warren adalah seorang Managing Editor dan penulis berita untuk Neowin.net, sebuah situs berita yang berfokus pada berita dan ulasan Microsoft.

*Update
Mashable menulis Twitter follow bug ini pertama kali ditemukan oleh seorang Turki penggemar heavy metal band bernama Accept. Orang ini mengetikkan tweet “Accept pwnz” tanpa tanda kutip dan tanpa disangka username @pwnz tiba-tiba memfollow account Twitternya.

Pria yang mengaku tidak memiliki latarbelakang programming ini lalu memposting temuannya ini ke blog-nya. Salah satu komentator blog tersebut mengaku telah menghubungi staff Twitter mengenai hal ini tapi tidak memperoleh tanggapan apapun.