Foursquare-logo

FourSquare Menerima Dana Investasi US$ 20jt

Tidak ada akuisisi. Proses pengumpulan dana seri-B yang dipimpin oleh CEO Foursquare, Dennis Rowley, resmi ditutup, menjawab berbagai spekulasi mengenai pengumpulan dana dan kemungkinan terjadinya akuisisi oleh beberapa perusahaan besar. Foursquare tetap konsisten dengan keputusannya menjadi perusahaan independen, mengingat perusahaan ini sudah menolak berbagai tawaran akuisisi dari Yahoo! dan Facebook. Kegagalan Dodgeball, startup milik Rowley sebelumnya yang diakuisisi Google namun tidak memiliki akhir yang cemerlang tampaknya membuat Rowley kapok dengan sistem akuisisi.

Suntikan dana sebesar 20 juta USD, dengan valuasi pre-money sebesar 95 juta USD berhasil digenggam Foursquare. Investasi ini dipimpin oleh Andreessen Horowitz, didukung oleh Union Square Ventures dan O’Reilly AlphaTech Ventures. Uang sebesar itu akan mereka gunakan untuk membangun team untuk menambah jumlah produk ke pasaran, ujar Rowley kepada TechCrunch. Uang tersebut juga akan digunakan untuk memperbesar ruang kantor pusat Foursquare di New York yang dirasa sudah tidak cukup untuk menampung 27 karyawan mereka.

Dennis Crowley

Proses keseluruhan pengumpulan dana ini memang cukup melelahkan. Negosiasi dengan Foursquare memang sudah terjadi sejak cukup lama, namun tertunda beberapa bulan setelah Dennis Crowley sempat bernegosiasi dengan beberapa perusahaan yang berniat membeli Foursquare (Yahoo, Facebook, Microsoft). Namun akhirnya Andreessen senang karena Foursquare memutuskan untuk tetap independen.

Horowitz merasa yakin dengan investasi ini. Menurutnya, Foursquare memiliki berbagai hal yang cukup kuat untuk memantapkan keputusan investasi ini : Founder yang hebat, produk yang “mematikan”, dan target pasar yang besar. Crowley secara spesifik dipercaya Horowitz sebagai seorang CEO yang menjaga visi dari produknya.

FourSquare Team 2

Fakta bahwa Marc Andreessen juga duduk di board Facebook membuat berbagai kemungkinan, termasuk akuisisi, belum tertutup sepenuhnya. Horowitz sendiri tidak mengganggap itu sebagai alasan mengapa Crowley memilih mereka. “Alasan mengapa Foursquare memilih kami, setidaknya menurut pendapat saya, adalah karena mereka percaya bahwa kami akan membantu mereka maju dari sebuah produk yang baik menuju sebuah perusahaan yang baik.” Ujarnya kepada Techcrunch.