Gmail Priority Inbox

Jika anda memiliki masalah dengan mengatur prioritas berbagai email yang masuk ke inbox anda, Gmail sudah memiliki jawaban untuk anda. Fitur terbaru mereka, Gmail Priority Inbox, akan membawa anda ke level terbaru dalam pengaturan prioritas email hanya dengan beberapa klik saja, dan menampilkannya di bagian paling atas dari deretan inbox anda. Bagaimana cara kerja fitur terbaru ini?

Fitur ini tidak rumit sama sekali – semudah anda mengeklik spam filter. Hampir tidak ada pengaturan khusus; Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Priority Inbox tersebut. Anda bisa mengontrol lebih jauh, tentunya, seperti urutan dari berbagai inbox atau jika ada kontak yang ingin Anda tandai ‘penting’.

Priority Inbox akan membagi email anda kedalam tiga sub yang berbeda berdasarkan urutan prioritasnya : “Important & unread,” “Starred,” dan “Everything else”. Sistem ini akan menilai proritas dari suatu email melalui seberapa sering anda membuka dan/atau merespon email dari suatu pengirim, seberapa sering anda membaca email yang mengandung beberapa keyword khusus, juga kekhususan email tersebut; apakah dikirim hanya untuk anda atau mailing list. Jika ada email yang dianggap penting sementara anda tidak menganggap begitu, anda bisa memberitahu Gmail, dan sebaliknya. Pemakaian di hari pertama mungkin masih melakukan beberapa kesalahan, namun dalam kurang dari lima hari, fitur ini belajar dengan sangat cepat dan akurat dalam memahami pemakaian anda.

Fitur terbaru Gmail ini akan sangat membantu anda jika anda menerima email sebanyak katakanlah 200 email per hari. Priority Inbox memang tidak jauh berbeda dengan apa yang anda bisa lakukan dengan berbagai filter yang anda lakukan terhadap Inbox anda – namun anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dengan membuat berbagai filter tersebut. Anda hanya perlu mengajari Gmail yang mana yang penting dan tidak penting dengan mengklik tombol yang ada, atau hanya dengan membaca/tidak membaca email tertentu. Ucapkan selamat tinggal pada pengaturan email yang membosankan!