Zynga Logo

Google Diam-Diam Investasi US$ 100jt Ke Zynga

Apa yang terjadi jika suatu perusahaan game sosial berkerja sama dengan salah satu raksasa dunia Internet? Menurut berbagai informan terpercaya, Techcrunch meyakini adanya investasi yang dilakukan Google terhadap Zynga dengan jumlah yang cukup besar,berkisar antara US$ 100 hingga US$ 200 juta. Proses investasi ini telah ditutup bulan lalu, sementara proses kerjasama yang lebih besar dan strategis masih sedang dalam proses.

Investasi ini dilakukan oleh Google sendiri, bukan Google Venture, dan dipercayai merupakan suatu kerjasama yang sangat strategis. Zynga akan dijadikan ujung tombak bagi Google Games yang akan naik ke permukaan tahun ini. Tidak hanya memberikan Google Games sebuah dasar yang kuat untuk membangun komunitas dunia game sosial, Zynga juga akan memulai perjalanan Google di grafik sosial yang nyata ketika para pengguna memasuki Google untuk bermain game tersebut. Penggunaan Paypal yang dilakukan Zynga selama ini sebagai alat pembayaran utama tampaknya akan digantikan posisinya dengan Google Checkout, mengingat cara ini merupakan salah satu cara termudah untuk membuat Google Checkout lebih relevan.

Tidak terhenti begitu saja, sumber yang sama menyatakan bahwa pendapatan Zynga sampai tengah tahun pertamanya di tahun 2010 ini dengan sangat mengejutkan mencapai 350 juta USD, separuhnya merupakan keuntungan operasional. Zynga memprediksi keuntungan mereka berkisar paling sedikit US$ 1 milyar di tahun 2011.

Zynga pun terus mengusahakan pengembangan bisnis dengan berbagai kerjasama strategis tingkat tinggi. Yang menarik berbagai perusahaan besar seperti Yahoo dan yang sekarang, Google, adalah karena Zynga mengijinkan mereka untuk membangun kembali grafik sosial yang sangat besar, yang saat ini dikontrol oleh Facebook.

Entah alasan apa yang membuat masyarakat menggemari berbagai game tersebut dan menjadi terikat dengan game-game tersebut, membuat mereka terus memainkan game-game itu berhari-hari. Keterikatan tersebut cukup membantu Facebook berkembang hingga sampai sebesar ini, membuat Google, Yahoo, dan berbagai perusahaan lainnya tentu menginginkan keajaiban yang sama dari Zynga.