Gavel

Google Gunakan US$ 100jt Selamatkan Youtube Dari Viacom

Kepala keuangan Google, Patrick Pichette, membuka kartu penting saat diadakan conference call yang membahas babak kedua pendapatan Google. Uang sejumlah US$ 100 juta diinvestasikan oleh Google untuk melindungi Youtube dari gugatan sebesar US$ 1 milyar oleh Viacom. Jumlah sebesar itu dirasakan cukup pantas untuk memenangkan gugatan tersebut.

Pada tahun 2007, Viacom telah menggugat bahwa Youtube dengan sengaja melanggar hak cipta dan membiarkan isi yang bersifat ofensif untuk tetap berada di situs tersebut. Ada 160 ribu video milik Viacom yang diupload ke Youtube tanpa ijin, dengan total view mencapai 1,5 juta. Youtube dituduh melakukan suatu program rahasia yang membuat berbagai video milik Viacom berada di Youtube namun tidak memungkinkan Viacom untuk menegakkan hak cipta.

Sang hakim telah diberikan ringkasan dari gerakan Youtube untuk melepaskan kasus tersebut memberikan pesan yang sangat jelas kepada media : hidup dari DMCA (Digital Millenium Copyright Act), mati karena DMCA. Mereka menunjukkan ketentuan dari Undang undang yang melindungi Youtube dan situs lain yang digugat oleh pelanggaran hak cipta, selama mereka menghapus pelanggaran material tersebut. Ketika Viacom mengajukan tuntutan kepada Youtube atas 100ribu video mereka, Youtube langsung down keesokan harinya dan menghapus video tersebut. Tindakan ini dinilai menyelamatkan Youtube dari serangan Viacom.

Kegagalan Viacom meraup USD 1 milyar ini memang mengharuskan Google mengeluarkan uang cukup banyak untuk membayar para pengacara mereka. Bagaimanapun juga, selama Google berada di belakang Youtube dengan uang mereka, tampaknya Viacom pun tak mampu berkutik lagi. Uang sejumlah 100 juta USD itu juga belum seberapa dibanding laporan keuangan mereka yang menyatakan bahwa mereka memiliki tabungan sebesar USD 30,1 milyar.

Hasil laporan pendapatan quartal kedua
sendiri menyatakan pertumbuhan keuntungan Google sebesar 24% dari tahun ke tahun sebesar US$ 6,82 milyar – suatu angka yang cukup impresif bagi situs pencari terbesar ini. Bagaimanapun, pertumbuhannya memang tidak banyak berubah dari babak pertama awal tahun 2010 ini yang mencapai US$ 6,77 milyar.