Google Music Logo

Google Music

Google sedang sibuk mempersiapkan kejutan untuk para penggemar dan pesaingnya. Melihat masa depan dunia musik online yang berkembang sangat pesat, tersebar berbagai rumor mengenai rencana mereka untuk meluncurkan suatu raksasa servis pencarian pengunduh musik pada musim liburan ini. Apakah itu?

Menurut sebuah reportase, Pihak Google menyatakan bahwa mereka sedang tenggelam dalam pembicaraan penting dengan berbagai label rekaman dan berharap sang layanan jasa bisa naik ke permukaan dan sudah siap digunakan pada Natal ini. Layanan yang diperkirakan akan menjadi lawan tandingnya iTunes ini kemungkinan akan terhubung dengan sistem operasi Android secara khusus. Sang Google Music tampaknya akan menjadi layanan subskripsi berbasis cloud dengan kemampuan streaming secara langsung dari berbagai perangkat mobile berbasis Android.

“Akhirnya, hadir suatu perusahaan dengan jangkauan, sumber daya dan kemampuan untuk menjadi pesaing tangguh iTunes dan menghubungkannya ke dalam pencarian perangkat mobile berbasis Android,” kata seorang eksekutif label yang meminta untuk tidak diidentifikasi. “Apa yang akan Anda miliki adalah pemain yang sangat kuat di pasaran, yang memang berkualitas untuk bisnis musik.”

Google sudah memulai pekerjaan mereka membangun layanan musik ini sejak tahun lalu dengan peluncuran fitur pencarian musik. Ketika pengguna mencari berbagai jenis musik menggunakan Google, dalam hasil pencarian akan menampilkan preview audio streaming. Meski sekarang berbagai ponsel berbasis Android sudah memiliki integrasi dengan mp3 store milik Amazon, dengan kesempurnaan yang dilakukan Google dalam mengatur sistem unduhan musik dan ditambah dengan fitur sinkronisasi mobile-desktop yang canggih, tentunya Google Music akan menjadi aplikasi yang tangguh.

Setelah peluncuran iTunes 10 terbaru dan jaringan sosial berbasis musik, Ping, Apple tentunya memiliki tujuan untuk semakin mengukuhkan kekuatan mereka dalam jaringan dunia musik online. Dengan kehadiran Google Music ini, tentunya Apple akan merasa terancam dan akan terjadi persaingan ketat antara kedua raksasa dunia teknologi ini. Ditambah lagi dengan bantuan sistem operasi Android yang perlahan berhasil meraih hati para penggemarnya. Kita tunggu saja aksi Google Music di bulan Desember nanti.