IBM Akuisisi Datacap

Kemarin, IBM resmi mengumumkan pengakuisisian Datacap, perusahaan penyedia perangkat lunak untuk mengambil dan mengolah data dan dokumen. Datacap dianggap mampu memperkuat organisasi IBM dalam mengolah dan mendigitisasi aset informasi mereka, terutama industri yang cukup intensif dalam menggunakan kertas seperti layanan kesehatan, asuransi, pemerintahan, dan keuangan. Berbagai syarat finansial dibalik proses akuisisi ini tidak diungkapkan lebih lanjut.

Berbagai perusahaan saat ini bergulat dengan mengelola data terstruktur ketika mencoba untuk mengurangi biaya pada saat yang bersamaan. Diperkirakan ada 15 petabyte informasi baru yang dihasilkan setiap hari, dan 80% dari informasi baru ini adalah konten yang tidak terstruktur. Menyadari tantangan ini, software Datacap mendukung pemasukan data dan gambar secara otomatis untuk kebanyakan bentuk dan jenis dokumen yang ada, termasuk klaim kesehatan dan pajak, faktur, dan laporan pengiriman.

Pelanggan Datacap sendiri merupakan berbagai organisasi yang memiliki visi yang kuat, yang menggunakan software document capture dan Enterprise Content Management (ECM) sebagai solusi untuk mengolah dan mengatur data mereka. Sudah ada lebih dari 200 perusahaan dari berbagai industri yang menggunakan perangkat lunak Datacap, termasuk departemen kesehatan Chicago dan departemen pajak Virginia.

Perangkat lunak Datacap mendukung proses memasukkan data dan gambar secara otomatis untuk berbagai tipe dokumen dan formulir, dan dengan cepat mengkonversikan baik data yang terstruktur maupun yang memiliki nilai variabel yang tinggi dalam berbagai format menjadi sebuah tampilan yang bisa diatur dalam hitungan detik. Pengakuisisian Datacap ini tentunya akan memperluas kepemimpinan IBM untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan lebih cepat dan lebih baik akibat proses pengelolaan data yang teroptimalisasi.

“Mengubah cara suatu organisasi melakukan tindakan bisnis tidak hanya menuntut suatu platform teknologi yang kuat dan fleksibel, juga pemahaman yang mendalam mengenai proses industri dimana klien kami beroperasi.” Ujar Ron Ercanback, VP Management Enterprise Content IBM. “ Kami telah memilih Datacap sebagai strategi pengambilan informasi yang menggunakan pengelolaan aturan bisnis yang baik, yang kami anggap memberikan kemampuan yang sangat komplementer dengan IBM.” Lanjutnya.

Menurut keterangan pers milik IBM, mereka bermaksud mengintegrasikan Datacap kedalam bisnis ECM yang merupakan bagian dari Software Solutions Group milik IBM.