Zynga Logo

Langkah Kedua Zynga Memasuki Jepang

Keinginan Zynga untuk mengembangkan sayapnya di Jepang memang tidak perlu diragukan lagi. Setelah sebelumnya mengumumkan kerja sama dengan Softbank, langkah berikut yang mereka ambil adalah mengakuisisi salah satu start-up Jepang yang berpusat di Tokyo, Unoh, dengan merogoh kocek sebesar “beberapa juta yen”. Kedua belah pihak sendiri telah memberi konfirmasi positif mengenai berita ini.

Menurut Robin Chan, General Manager Zynga bagian operasional bisnis Asia, Zynga telah resmi mengakuisisi 100% dari Unoh. Zynga akan mengubah kantor terbaru mereka di Tokyo menjadi tempat yang strategis untuk bersaing di pasaran game sosial Asia. Unoh yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia ini tentunya mampu membimbing Zynga agar bisa menyesuaikan diri dengan selera para konsumen Asia dan juga akan menciptakan berbagai judul untuk pasaran lokal dan internasional.

Sebagai pengembang berbagai game untuk ponsel dan komputer, Unoh tergolong sebagai salah satu startup yang sukses di bidangnya. Salah satu judul game mereka yang sedang naik daun adalah Machitsuku (yang berarti “membangun sebuah kota”), sebuah game gratis dengan dasar virtual item sebagai model bisnisnya. Machitsuku sendiri sudah melewati angka 3 juta pengguna di Mixi minggu lalu, jaringan sosial terbesar Jepang yang memiliki 20 juta pengguna.

Robin Chan menghabiskan waktu yang cukup lama di Jepang untuk membangun kantor pusat di Tokyo untuk Zynga. Berbagai berita mengenai akuisisi yang mungkin dilakukan di Jepang oleh Zynga diawali dengan mengakuisisi berbagai startup lokal, termasuk Unoh. Meskipun begitu, beliau tetap tutup mulut tentang strategi selanjutnya yang dimiliki Zynga ke depannya.

Sebelumnya Zynga sendiri sudah mengawali proses memasuki dunia games Jepang ini dengan bekerja sama dengan Softbank, yang menghasilkan uang sejumlah US$ 150 juta. Keduanya bekerja sama untuk membangun perusahaan gabungan yang diberi nama Zynga Japan untuk membangun dan mendistribusikan berbagai game sosial ke pasaran Jepang yang diketahui sudah memiliki nilai konsumsi yang tinggi.