Libox Logo

Libox : Masa Depan Transfer Data ?

Semakin banyak gadget yang anda punya, semakin sering anda melakukan sinkronisasi terhadap berbagai file yang anda inginkan untuk berada di gadget yang anda inginkan. Kabel data berperan penting dalam proses ini, tentunya. Sementara Microsoft, Google, dan Apple masih sibuk menyingkirkan peran kabel yang cukup merepotkan ini, Libox hadir terlebih dahulu untuk menyinkronisasi berbagai file anda di website, komputer, dan iPhone anda, tanpa kabel.

Mungkin ini pertama kalinya Anda mendengar nama Libox. Sebagai suatu startup yang berasal dari Israel, Libox merupakan sebuah aplikasi peer-to-peer yang memindai berbagai file dan media yang ada di komputer utama anda, dan mengirimkannya secara stream ke berbagai perangkat lain yang anda miliki menggunakan aplikasi Libox atau browser. Mendengarkan semua lagu anda, melihat semua foto anda, memainkan semua video anda, semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan komputer utama anda sebagai server, dan akan secara otomatis mengirimkan file-file tersebut ke gadget anda yang lainnya.

Tentunya anda harus melalui beberapa tahap kecil untuk bisa melakukan semua ini. Setelah mendownload aplikasi desktop dari situs resmi Libox, aplikasi tersebut akan memindai semua data anda yang bisa memakan waktu cukup lama jika anda memiliki banyak file. Setelah proses ini anda lalui, semua file anda tersedia melalui browser, dan juga iPhone anda melalui aplikasi yang bisa anda dapatkan di App Store. Libox akan meng-transcode berbagai file anda kedalam format yang bisa di stream ke berbagai perangkat yang anda gunakan, selama anda tidak mematikan komputer utama anda.

Kehadiran Libox dan fungsinya ini sangat berguna bagi anda yang menggunakan banyak gadget dan tidak ingin dibuat repot dengan proses transfer data. Tidak hanya itu, anda juga bisa berbagi berbagai data anda dengan pengguna Libox lainnya. Anda tidak perlu khawatir, karena Libox tidak didesain untuk penyebaran data secara masal, dan lebih bersifat private.

Sebelum kehadiran Libox, Microsoft sendiri sudah pernah membuat Mesh, namun tidak mengalami perkembangan yang berarti dan masih dalam keadaan beta selama 2 tahun. Bagaimanapun juga, sambil menunggu berbagai raksasa dunia komputer mengembangkan versi mereka sendiri, Libox bisa menjadi suatu selingan yang tidak kalah menarik.