Magento Logo

Magento Mobile : Platform Mobile Commerce Pertama Dunia

Salah satu kata kunci tren teknologi internet saat ini adalah mobile. Kebutuhan mobilitas pengguna internet yang tinggi dan murahnya perangkat serta tarif internet mobile membuat angka pengakses internet melalui ponsel meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Para webmaster pun dituntut untuk mampu menyediakan layanan web mereka dalam versi mobile. Magento sebagai salah satu platform e-commerce ternama pun akhirnya meluncurkan layanan mobile commerce terintegrasi yang mereka klaim sebagai yang pertama di dunia.

Magento sebagai platform e-commerce dikembangkan oleh Varien, Inc, diluncurkan pertama kali pada 31 Mei 2008 dan saat ini telah mencapai versi 1.7. Terdapat 3 jenis Magento yang dirilis : Magento Community yang dapat diunduh dengan gratis, Magento Professional mulai dari US$ 2,995/tahun dan Magento Enteprise mulai dari US$ 12,990/tahun. Perbandingan ketiga jenis Magento tersebut dapat dipelajari di sini.

Magento Mobile mengurus berbagai hal yang diperlukan untuk menjual barang online, termasuk kontrol penuh terhadap katalog, inventoris, dan berbagai laporan. Pengguna dapat mengupdate, mengatur, dan mengganti tema dari aplikasi penjualan tersebut meskipun konsumer telah men-download aplikasi tersebut sebelumnya. Hanya dengan mendownload aplikasi yang sudah dibuat menggunakan Magento Mobile, konsumer bisa melihat-lihat katalog barang dan berbelanja dari mana saja tanpa harus bersusah-payah mendatangi toko barang tersebut.

Magento Mobile Demo 1 Magento Mobile Demo 2

Layanan aplikasi ini sendiri baru tersedia untuk iPhone, namun menurut situs Magento, tahun ini Magento akan menyediakan layanan tersebut untuk iPad dan Android.

E-commerce memang sedang banyak diminati oleh para konsumer belakangan ini. Kemudahan berbelanja online didukung dengan berbagai sistem yang sudah merambah dunia online : surat-menyurat, layanan perbankan, situs website, dan layanan mobile. Para konsumer tentunya sangat menikmati kemudahan berbelanja tanpa harus melangkahkan kaki menuju toko. Hanya tinggal beberapa klik dan menunggu, barang akan diantar ke rumah melalui layanan pos. sesimpel itu.

Tampaknya aplikasi ini akan menjadi satu langkah baru di dunia layanan jual beli online. Sebelumnya konsumer hanya terbatas pada situs dan forum terbuka yang menyediakan layanan tersebut. Aplikasi mobile tentunya semakin mempermudah konsumer dalam berbelanja online, ditambah lagi maraknya akses internet lewat ponsel yang semakin mendukung kesuksesan layanan jual beli via aplikasi mobile ini.

Magento akan mengadakan Webinar pada rabu, 23 Juni 2010 yang akan membahas tentang Magento Mobile. Webinar akan berlangsung selama kurang lebih 60 menit yang dipandu oleh Tim Schulz, Senior Product Manager. Jika berminat, Anda dapat segera mendaftar di sini karena tempat terbatas.