TweetDeck Logo

Mengintip Tweetdeck for Android

Sebagai salah satu aplikasi pengatur berbagai sosial media yang populer, Tweetdeck meluncurkan aplikasi berikutnya yang dirancang untuk pengguna Android. Meski belum sepenuhnya sempurna dan tergolong ke dalam versi beta, aplikasi Tweetdeck for Android ini memiliki berbagai fitur terbaru yang jauh mengalahkan aplikasi versi iPhone, dan beberapa fitur yang tidak dimiliki aplikasi versi desktop.

Techcrunch dan Mashable mendapat kesempatan untuk mengintip aplikasi Tweetdeck for Android lebih jauh untuk pertama kalinya. Fiturnya lebih mengarah ke multi-stream, dimana anda mampu menggunakan berbagai account : Twitter, Facebook, Foursquare, dan Google Buzz, sementara Tweetdeck for iPhone sendiri hanya mendukung Twitter dan Facebook aja. Update dari berbagai akun tersebut digabungkan ke dalam satu kolom khusus dan membedakan satu akun dengan akun yang lain dengan menggunakan warna latar belakang.

Tweetdeck for Android Screenshot 2

Satu kolom terbaru di aplikasi Tweetdeck for Android yang dinamai “Me” akan menggabungkan semua update dari berbagai akun yang me-mention anda : reply di Twitter, Likes dan comments dari Facebook, serta update dari google buzz mengenai postingan anda. Hal ini tentunya, mempermudah anda untuk melihat update tanpa harus menambahkan berbagai kolom ekstra.

Anda penggemar Foursquare? Aplikasi Tweetdeck for Android ini memanfaatkan Foursquare API semaksimal mungkin. Anda mampu check-in ke suatu lokasi, meninggalkan shout ataupun tip, serta melihat suatu lokasi di peta. Setiap lokasi memiliki informasi detail yang menampilkan kepada anda semua teman anda yang pernah check-in di lokasi tersebut dan berbagai pesan yang mereka tinggalkan.

Tweetdeck for Android Screenshot 1

Satu hal yang tidak dimiliki oleh Tweetdeck for Android ini adalah user-stream yang lebih cepat dan menampilkan tweet dan update secara lebih realtime. Tampaknya kemampuan tersebut akan memakan baterai ponsel anda, sehingga tereliminasi dari aplikasi ini.

Tweetdeck for Android ini dianggap sebagai tanda kemana perkembangan aplikasi Tweetdeck lainnya, dimana Tweetdeck pun sedang mengerjakan aplikasi Tweetdeck for iPhone dan sedang menunggu izin masuk ke app store. Bagaimana dengan pengguna desktop? Postingan di blog Tweetdeck mengatakan hal yang serupa : mereka juga sedang mengerjakan aplikasi Tweetdeck for desktop.

Pictures are courtesy of Mashable