Zuckerberg Speech on FB Privacy

Penyederhanaan Kontrol Privasi Facebook

Mark Zuckerberg angkat bicara mengenai isu privasi Facebook yang sedang marak belakangan ini. Sekian banyak masukan dan kritikan yang beredar di internet akhirnya terjawab juga. Zuckerberg mengambil kesimpulan bahwa yang perlu dilakukan hanyalah menyederhanakan sistem privasi Facebook yang diakui memang cukup rumit, sehingga membuat penggunanya kesulitan untuk mengatur sistem tersebut seefektif mungkin, seperti yang dipaparkannya di blog Facebook hari ini.

Dalam artikel yang dibuatnya di situs The Washington Post, Zuckenberg memberi penegasan mengenai prinsip-prinsip operasi Facebook berikut ini :

• Pengguna memiliki kontrol penuh bagaimana informasi personal akan ditampilkan.
• Facebook tidak membagikan informasi personal penggunanya kepada orang ataupun layanan yang tidak diinginkan.
• Facebook tidak memberikan akses ke informasi personal penggunanya kepada para pengiklan.
• Facebook tidak dan tidak akan pernah menjual informasi penggunanya ke siapapun.
• Layanan Facebook akan tetap gratis untuk siapapun.

Perubahan yang dilakukan Facebook terfokus pada tiga hal mendasar : satu kontrol penuh untuk seluruh konten, kontrol yang lebih kuat dalam mengatur informasi dasar, dan kontrol yang lebih mudah untuk menonaktifkan segala aplikasi.

New Simpler Facebook Privacy Settings

Hanya dengan beberapa klik, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat isi postingannya. Kontrol tersebut juga berlaku untuk produk-produk baru yang akan dikembangkan Facebook, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengatur ulang pengaturan yang telah dibuat. Informasi dasar yang wajib ditampilkan di Facebook pun dikurangi. Pengguna facebook sekarang bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat teman-teman dan pages penggunanya. Postingan yang dilakukan berbagai aplikasi dan permainan juga diatur penuh oleh pengguna.

Mark Zuckenberg juga menegaskan bahwa sistem pengaturan privasi ini adalah final dan dianggap sudah lengkap, sehingga jika pengaturan ini dianggap cukup membantu, maka tidak diperlukan lagi adanya perubahan-perubahan dan sistem pengaturan privasi ini akan dipakai untuk jangka waktu yang lama.

“Misi dari perusahaan ini adalah membuat dunia lebih terkoneksi dan terbuka.”, Ujar Zuckerberg seperti yang dikutip situs TIME. “Kami membangun situs yang berbasis pada dunia sosial.”, Lanjutnya lagi. Sistem pengaturan awal membuat Facebook menjadi pusat perhatian dan jatuh ke kursi panas, namun tampaknya kita perlu diingatkan lagi mengenai satu hal : apapun yang telah masuk dunia internet mempunyai potensi besar menjadi suatu konsumsi publik, tinggal anda yang menyingkapinya dengan lebih bijak.