Apple Logo

Profit Q3 2010 Apple Meningkat 78%

Apple kembali menunjukkan angka yang mencengangkan pada hasil laporan pendapatan kuartal ke tiga 2010 yang berakhir pada 26 Juni 2010 lalu. Total pendapatan sejumlah US$ 15,7 juta dengan total keuntungan sejumlah US$ 3.25 juta atau meningkat sekitar 78% dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2009 lalu.

Apple berhasil menjual 3.47 juta Mac, yang juga merupakan suatu rekor tersendiri bagi perusahaan teknologi yang paling berhasil di Amerika Serikat ini. 8.4 juta iPhone terjual, memberikan peningkatan penjualan sebesar 61% dari tahun ke tahun. Produk terbaru mereka, iPad, sukses diminati pasaran dengan 3.27 juta unit terjual.

Steve Jobs turut bicara pada pernyataan resmi perusahaan tersebut, ” Ini merupakan suatu kuartal fenomenal yang jauh melebihi ekspetasi kami, termasuk peluncuran iPhone4 yang merupakan peluncuran produk paling sukses.”

Apple Q3 2010 Unaudited Summary Data

Kesuksesan ini sedikit ternoda oleh masalah penerimaan sinyal yang dialami oleh iPhone4. Solusi yang mereka berikan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu pemberian bumper dan casing secara gratis, diperkirakan akan memakan ongkos sebesar US$ 157 juta. Mereka menganggap dana sebesar ini sebagai salah satu kewajiban mereka – dan akan dianggap utang atau saldo negatif pada barisan bawah. Apple juga mengatakan bahwa mereka akan ikut menanggung biaya casing dan bumper ini, sehingga akan membantu mengurangi biaya keseluruhan pada barisan bawah. Dengan kata lain, Apple mengkalkulasi US$ 157 juta pendapatan hilang pada neraca kuarter ke empat, semua dikarenakan masalah bumper dan casing gratis ini.

Tidak ada perusahaan yang ingin kehilangan US$ 157 juta begitu saja, membuat salah satu alternatif bagi iPhone 4 untuk mengurangi penjualan karena masalah Antennagate terasa lebih enak. Bagaimanapun juga, nominal tersebut masih belum pasti dan baru merupakan prediksi dari Apple, tergantung pada penjualan iPhone 4 dan berapa banyak konsumer yang mengambil keuntungan dari masalah tersebut.

Kuartal pendapatan ini berakhir pada 26 Juni 2010, hanya dua hari setelah peluncuran iPhone4 ke pasaran, membuat bagian penjualan menonjolkan kemampuan mereka yang impresif. Bagian penjualan internasional menghitung bahwa 52% dari peningkatan penjualan tersebut berasal dari berbagai negeri diluar Amerika Serikat, dan memberikan efek yang positif kepada berbagai kategori produk Apple lainnya.