Walt Disney Logo

Rencana Akuisisi Disney Terhadap Playdom

Disney seperti menikmati keterlibatan mereka di dalam dunia game. Setelah mengakuisisi Tapulous pada awal bulan ini, mereka semakin asik berkiprah di kancah permainan dengan memanfaatkan berbagai karakter dari film mereka untuk menjadi landasan dalam membangun dunia game, dan tentunya, semakin membawa keuntungan bagi pihak Disney sendiri.

Berbagai sumber terpercaya memberi informasi mengenai adanya akusisi yang dilakukan Disney terhadap Playdom, salah satu perusahaan game sosial. Beberapa diantaranya menyebutkan proses akuisisi ini dinamakan sebagai ”proyek platinum”, berdasarkan dokumen yang mereka terima.

Sebelumnya Disney sendiri sudah menjadi salah satu investor Playdom dengan suntikan dana sebesar US$ 33 juta terhadap perusahaan tersebut. Playdom berhasil mengumpulkan dana dengan total sejumlah US$ 76 juta, dengan valuasi terakhir berkisar di angka US$ 345 juta. Proses akuisisi ini merupakan bukti nyata bahwa Disney mempercayai Playdom dan berani mengambil langkah lebih jauh untuk bekerjasama. Beberapa sumber mengatakan bahwa kontrak sudah ditandatangani, sementara sumber lainnya mengatakan bahwa proses akuisisi ini masih dalam tahap akhir.

Besarnya angka yang dikeluarkan Disney untuk proses akuisisi ini masih belum diketahui secara pasti. Angka yang dianggap cukup aman diperkirakan sekitar US$ 345 juta. Zynga, perusahaan game sosial yang menjadi saingan berat Playdom sendiri membuka harga lebih dari US$ 2 milyar, sehingga angka sebesar itu untuk Playdom dianggap cukup pantas.

Berbagai argumen muncul ke permukaan mengenai proses akuisisi ini pantas atau tidak bagi Disney. Kami sendiri menganggap bahwa proses akuisisi ini dapat membawa efek positif bagi perkembangan Disney di dunia game selanjutnya. Bagaimanapun juga, Disney tampaknya menyadari kelemahan mereka di dunia sosial.

Proses akuisisi ini diharapkan dapat memanfaatkan kekuatan dari game sosial untuk semakin memasyarakatkan nama mereka melalui dunia game – yang memang digemari oleh berbagai kalangan dan sudah memiliki kekuatan sendiri. Playdom sendiri sudah memiliki nama yang cukup dikenal di kalangan game sosial, menjadikannya suatu nilai lebih bagi Disney untuk mengadakan kerjasama lebih lanjut.