Happy Birthday Google

Selamat Ulang Tahun Google!

Ulang tahun memang hari yang menyenangkan untuk dirayakan. Hari ini, Google memamerkan kue ulang tahun mereka yang ke-12 karya Wayne Thiebaud, seorang pelukis Amerika. Memang sudah menjadi suatu kebiasaan Google untuk mengganti logo mereka sesuai hari raya atau tema tertentu, dan inilah cara mereka merayakan ulang tahunnya.

Meski Wikipedia mengatakan bahwa Google tepat dibangun tanggal 4 September, dan domain Google.com resmi didaftarkan tanggal 15 September, perusahaan layanan pencarian internet ini lebih memilih merayakannya di tanggal 27 September. Misteri tanggal ulang tahun ini tampaknya memang menjadi rahasia perusahaan mereka. Bagaimanapun juga, Google bisa merayakan ulang tahun mereka kapanpun mereka mau.

Dibalik Google, terdapat dua orang penting yang menjadi tulang punggung mereka : Larry Page dan Sergey Brin. Diawali sebagai perusahaan dengan saham pribadi, Google dijalankan dengan slogan tidak resmi mereka, yaitu “Don’t Be Evil.”. Slogan ini menunjukkan sistem kerja mereka yang santai dan menyenangkan yang terus mereka pertahankan sampai sekarang. Hal ini dibuktikan dengan 10 fakta menarik tentang Google yang pernah saya bahas sebelumnya.

Setelah 12 tahun berkarya, Google tidak mengendurkan semangatnya untuk terus melaju – salah satunya adalah Caffeine, kode program terbaru mereka untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik lagi. Sepanjang sejarah Google, perusahaan ini memang lebih mendedikasikan hidupnya untuk memantapkan posisi mereka di layanan pencarian. Berbagai produk lain pun ikut mereka rambah : Gmail, Google Video, Google Earth, Google Maps, Google Chrome, dan yang tidak kalah hebatnya, Android. Google terus menghasilkan berbagai inovasi terbaru yang membuat mereka bertahan kuat di posisi puncak ini.

Berbagai istilah menarik mengenai Google seperti ”Google first before you tweet”, “God is a Google”, “Don’t know something? Ask Google”, dan berbagai idiom lainnya beredar cepat diantara masyarakat dunia cyber, menunjukkan betapa besar pengaruh Google dalam aktivitas penggunaan internet. Semoga dengan memasuki umur ke-12 ini, Google tidak menyerah untuk terus memberikan yang terbaik bagi para penggemarnya.

Selamat ulang tahun Google!