Facebook Logo

Siapkah Kita Hidup Tanpa Facebook?

Setiap status, foto, video, notes yang Anda unggah ke Facebook secara hukum akan menjadi hak milik Facebook. Sadarkah Anda? Hal tersebut tertera pada kebijakan privasi mereka yang mungkin hanya sebagian kecil dari pengguna Facebook yang membacanya. Kebijakan privasi Facebook semakin hari semakin bertambah dan kini kebijakan privasi Facebook yang telah mencapai 5,830 kata berhasil “mengalahkan” UUD Amerika Serikat yang panjangnya 4,543 kata.

Facebook mengirimkan data yang memungkinkan pemasang iklan untuk memperoleh data pribadi Facebookers yang mengklik iklan mereka mulai dari nama sebenarnya, umur, kota tempat tinggal hingga pekerjaan. Demikian dilaporkan oleh Wall Street Journal dua hari yang lalu.

Masalah ini sebelumnya telah dimunculkan ke permukaan oleh para peneliti dari AT&T Labs dan institut politeknik Worcester bulan Agustus tahun lalu. Mereka juga telah menghubungi beberapa website yang terkait mengenai masalah ini – beberapa dari mereka juga telah mengkonfirmasi lebih lanjut – namun ternyata tidak berakhir begitu saja.

Pihak Facebook mengakui bahwa mereka telah mengirimkan data ke perusahaan pengiklan yang berisi informasi mengenai para pengguna yang mengklik iklan perusahaan tersebut. Setelah dihubungi pihak The Journal , pihak Facebook berkata mereka telah mengganti sistem software untuk mengeliminasi kode-kode yang terikat dengan informasi para penggunanya.

Facebook mengatakan praktik kerja mereka sekarang konsisten dengan cara kerja iklan di web pada umumnya. Perusahaan hanya akan memberikan “ID pengguna dari halaman tersebut namun bukan pengguna yang mengklik iklan tersebut”, ujar sang juru bicara. “Kami tidak menganggap ini informasi pribadi dan kebijakan kami tidak mengizinkan para pengiklan untuk mengumpulkan informasi pengguna tanpa persetujuan pengguna.”

Facebook juga berkata bahwa mereka telah menguji coba proses penggantian teks yang dibagi ke pihak pengiklan sehingga tidak melalui ID atau nama pelanggan manapun.

Lebih dari 13,000 pengguna Facebook saat ini berkomitmen untuk keluar dari Facebook bersama-sama pada tanggal 31 Mei 2010 mendatang sebagai wujud protes atas kontroversi kebijakan privasi yang santer mendera Facebook akhir-akhir ini. Sementara 31.7% atau sekitar 1,440 suara dalam polling pembaca Mashable hari ini dan masih berlangsung hingga tulisan ini diketik menyatakan bahwa mereka masih tetap menyukai Facebook dan ingin tetap menggunakan Facebook.

Bagaimana dengan Anda?