Logo Twitter Baru

Tampilan Baru Web Twitter

Anda mungkin telah mendengar dengungan berita mengenai versi terbaru Twitter.com yang akan segera hadir sejak beberapa jam yang lalu. Perubahan yang cukup signifikan ini dinilai mengurangi esensi dari moto Twitter yang terkenal simpel, tapi secara keseluruhan merupakan suatu perubahan yang cukup impresif dari berbagai sisi. Tentunya, diharapkan mendapat respon yang positif. Berikut ini adalah berbagai fitur yang hadir dalam tampilan baru web Twitter yang telah berhasil dirangkum sebagai penggoda anda untuk melangkah lebih jauh.

Box “What’s Happening?” tentunya tetap berada di paling atas, dengan ukuran yang lebih kecil dan ringkas. Tombol “tweet” beserta informasi lokasi dan hitungan jumlah karakter akan muncul setelah anda mengklik di box entry tersebut.

Di sebelah nama akun, anda akan melihat nama asli dari akun tersebut dalam warna abu-abu.

Screenshot Twitter Baru

Anda juga bisa mengklik icon kertas/pena di pojok kanan atas yang akan memunculkan overlay box untuk menulis tweet terbaru tanpa harus kembali ke box “what’s happening” yang berada di atas. Tidak hanya itu, hanya dengan memencet tombol “n” pada keyboard anda, anda bisa menampilkan overlay box ini.

Anda pengguna Flickr? Twitter terbaru akan menampilkan link ke seisi set foto anda di Flickr dengan berbagai thumbnail di panel sebelah kanan. Panel sebelah bawah pun diisi dengan slideshow berbagai gambar/foto tersebut.

Pencetlah keyboard “?” anda, dan Twitter akan menampilkan overlay dengan berbagai shortcut keyboard yang bisa anda gunakan. Hal ini tentunya akan mempermudah anda dalam menikmati dunia Twitter. Refresh halaman anda hanya dengan memencet tombol “.”

Icon profil yang lebih besar membuat mata anda lebih nyaman. Perbedaan tweet hasil retweet diwarnai dengan label hijau, sementara tweet favorit anda akan memiliki label kuning

New Error Messages
Tampilan terbaru ini membuat situs Twitter tidak akan mengalami fail sesering dulu. Jika berbagai tweet terlalu lama untuk di-load, anda akan mendapatkan penjelasan mengenai apa yang terjadi, lengkap dengan direct link untuk “try again” atau menuju situs blog status twitter.

Screenshot Twitter Baru 2

Tidak, anda tidak akan kehilangan fail whale favorit anda, tenang saja.

Dengan fitur terbaru Twitter, setiap anda men-tweet suatu foto, anda dapat langsung melihat foto tersebut di sidebar sebelah kanan. Tidak hanya itu, foto tersebut juga muncul di halaman tweet tersendiri dibawah tweet tersebut – dan tentu saja, hasilnya tidak mengecewakan.

Dan tentunya, masih banyak perubahan-perubahan kecil yang memberi kejutan dan warna baru dalam pengalaman anda menggunakan Twitter. Apa pendapat anda mengenai perubahan ini?