HadiGunawan.net



« | »

Tumblr : Cara Kreatif Menulis Blog

Tumblr sebagai salah satu platform blogging populer yang sedang naik daun di kalangan para pengguna internet kini mulai kehilangan identitasnya. Dengan mengusung kalimat “the easiest way to blog” sebagai slogan, para pengguna Tumblr tampaknya tidak melihat fungsi Tumblr sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas blogging.

Tumblr mengijinkan para penggunanya untuk mem-follow pengguna lain, sehingga setiap postingan terbaru dari blog yang mereka follow akan muncul di Dashboard. Adanya fitur Reblog, atau istilah umumnya Re-post, menjadi penyebab masalah ini. Pengguna Tumblr dapat dengan mudah memposting ulang post yang disukainya hanya dengan mengklik tombol reblog yang tersedia. Fitur reblog ini tampaknya sangat digemari para pengguna Tumblr, sehingga mayoritas postingan yang terdapat di blog penggunanya adalah hasil reblog, yang tentunya membuat Tumblr kehilangan konsep awal dari sebuah blog.

Aksi reblog ini pun berawal dari adanya fitur Tumblarity, dimana semakin banyak pengguna dan followers yang meng”like” atau mereblog postingan mereka, semakin tinggi angka Tumblarity yang mereka dapat. Mayoritas pengguna Tumblr pun menjadi lebih tertarik untuk menaikkan angka Tumblarity dengan postingan-postingan yang bisa menarik pengguna lain untuk mereblog atau sekadar meng”like” postingan tersebut. Hilangnya fitur Tumblarity ini pun tidak membuat Tumblr kembali ke jalan yang benar – arus yang harus dilawan ternyata terlalu kuat.

72vt68 Tumblr : Cara Kreatif Menulis Blog

Perubahan ini tidak membawa pengaruh buruk yang cukup signifikan. Tumblr sekarang ini menjadi tempat ajang berbagi berbagai hal : foto, gambar, lagu, atau kutipan yang bersifat inspirasional. Yang menjadi masalah adalah ketika pengguna tumblr menghilangkan kredit atau hak cipta dari pemilik asli postingan tersebut. Beberapa pengguna tumblr bahkan menghilangkan fitur right-click sehingga pengunjung tidak bisa menyimpan gambar dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

Tumblr sendiri merupakan situs blogging yang cukup mudah untuk digunakan. Tidak hanya itu, pengguna Tumblr juga dapat dengan mudah menghubungkan Tumblr dengan berbagai situs jejaring sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Mobilitas Tumblr pun terjaga dengan aplikasi Tumblr khusus untuk pengguna iPhone dan Blackberry.

Tertarik mencoba Tumblr?

Tentang Tumblr

1498nk7 Tumblr : Cara Kreatif Menulis Blog

Tumblr didirikan oleh David Karp pada tahun 1997 didanai oleh penghasilan Carp sebagai konsultan piranti lunak. Setelah melakukan usaha penggalangan dana, Tumblr memperoleh US$ 5.25 juta dari Union Square Ventures, Spark Capital dan Betaworks.

Related posts:

  1. Facebook for Android Dibenahi
  2. Facebook Follow
  3. Facebook Face Detector
  4. Kompilasi Update LinkedIn
  5. Mengintip Tweetdeck for Android

Posted by on May 28, 2010.

Categories: Berita Social Media, IT & Internet

« | »




Recent Posts


Pages



About HadiGunawan.net

Tweet HadiGunawan.net adalah blog yang membahas perkembangan social media marketing di Indonesia dan teknologi pendukungnya baik dari dalam maupun luar Indonesia. Blog ini juga memberikan informasi tentang berbagai kontes social media menarik yang diadakan baik oleh perusahaan/organisasi dalam maupun luar negri yang dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia di manapun dia berada, lowongan pekerjaan seputar […]more →