TweetDeck Logo

Tweetdeck Messenger

Messenger khusus antar pengguna suatu akun memang sudah cukup terkenal. Sebut saja Yahoo! messenger, Live Messenger, atau bahkan yang lebih bersifat mobile seperti Blackberry Messenger. Semuanya terdengar cukup umum, memang. Namun apa yang pertama kali melintas di kepala anda ketika anda mendengar kata Tweetdeck Messenger? Tunggu dulu, jangan berpikir bahwa Tweetdeck akan membentuk suatu komunitas sosial tersendiri.

Setelah meluncurkan versi beta dari Tweetdeck for Android yang pernah saya bahas sebelumnya, berbagai penggemar Tweetdeck tentunya sudah tak sabar dan sibuk bertanya-tanya kapan mereka akan mempercantik Tweetdeck versi iPhone mereka. Tidak ada berita lebih lanjut setelah pengumuman yang mereka lakukan bahwa update terbaru akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Apa yang sebenarnya terjadi sehingga membuat kita harus menunggu cukup lama? Ternyata tim Tweetdeck mempunyai ide lain.

Ian Dodsworth, sang CEO dan Founder dari Tweetdeck, angkat bicara mengenai hal ini. Timnya yang terdiri dari 15 orang itu bekerja cukup keras untuk mempersiapkan update terbaru bagi desktop client, aplikasi Android, dan aplikasi iPhone. Tidak hanya itu, fitur terbaru mereka, User Streams, juga cukup membuat mereka kelimpungan. Dodsworth yang mengaku sebagai seorang perfeksionis ingin memberikan sesuatu yang lebih dari sekedar kopian aplikasi Android mereka. Salah satu ide yang terlintas adalah membuat para pengguna Tweetdeck yang berada dalam jarak yang cukup dekat mampu berbicara satu sama lain – semacam Tweetdeck messenger?

Tweetdeck Messenger 2010

Tidak, Dodsworth hanya ingin menghubungkan para pengguna Tweetdeck untuk menyadari keberadaan pengguna Tweetdeck lainnya. Katakanlah anda memasuki suatu tempat dan ponsel anda bekerja secara secara background menghubungkan anda dengan pengguna tweetdeck lain dan melihat siapa yang memiliki hubungan cukup dekat dengan anda melalui Twitter, Facebook, LinkedIn, atau apapun itu. Mungkin saja anda bertemu dengan temannya teman anda, dan memiliki hubungan cukup kuat dalam dunia twitter karena dia memfollow beberapa akun twitter lainnya yang juga anda follow. Dodsworth tidak ingin membangun jaringan tersendiri, Ia hanya ingin Tweetdeck menjadi alat yang cukup berguna dalam dunia media sosial.

Fitur ini bisa menjadi alat yang ampuh untuk semakin memperkuat jaringan sosial anda. Tapi ingat, bagaimanapun juga, privasi anda menjadi taruhannya. Di jaman dimana berbagai media terus mendorong anda untuk membagi privasi anda ke dunia publik, sebaiknya kita sebagai para pengguna harus lebih pintar untuk mengontrol media yang kita gunakan. Bagaimana menurut anda Tweetdeck messenger ini?