Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Twitter

Twitter dan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Demam Piala Dunia 2010 Afrika Selatan mewabah tidak hanya seisi dunia, namun juga menjangkit dunia cyber. Twitter tentunya ikut menjadi tempat yang akan terseret keramaian turnamen terfavorit tingkat dunia ini, terhubung dengan sekian banyak tweets yang membicarakan seru tidaknya Piala Dunia 2010 yang diadakan di Afrika Selatan ini dengan sifatnya yang up-to-date dan penggunanya yang tersebar di mancanegara.

Blog resmi Twitter mengumumkan partisipasi mereka dalam memeriahkan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Mereka menyediakan tampilan yang berbeda untuk akun twitter resmi piala dunia, Worldcup menggunakan live widgets, pencarian real-time, dan tweet-tweet terpopuler yang digabung menjadi satu kemasan apik. Twitter juga menyediakan daftar akun-akun yang disarankan untuk di-follow selama turnamen berlangsung dan theme khusus piala dunia untuk halaman profil penggunanya. Sedikit memberi kejutan kepada para penggunanya, Twitter merahasiakan trik kecil yang diperlukan untuk memunculkan fitur hashflags.

Kanal Twitter Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Hari pertama Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dimulai, trik kecil tersebut sedikit terbaca ketika akun Twitter resmi FIFA, FIFAcom, mengumumkan hashtag resmi dari Piala Dunia, yaitu #worldcup, dan memunculkan icon bola disamping hashtag tersebut yang bisa dilihat melalui web. Twitter juga memunculkan ikon-ikon ke-tiga puluh dua negara yang berpartisipasi kedalam ajang kelas dunia tersebut jika pengguna twitter mengetik hashtag singkatan resmi dari salah satu negara – dengan kata lain, hashflags.

Meskipun begitu, tampaknya Twitter kewalahan menghadapi demam Piala Dunia 2010 Afrika Selatan , setelah beberapa kali mengalami over-capacity saking banyaknya pengguna Twitter yang melakukan live-tweet sejak pembukaan Piala Dunia pukul 8 malam WIB tadi. Jajaran Trending Topic pun diisi penuh dengan berbagai topik yang memiliki sangkut paut dengan piala dunia, salah satu diantaranya adalah #worldcup.

HashFlags Twitter Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Kemudahan Twitter sebagai cara termudah dan tercepat dalam membahas suatu topik, dalam kasus ini, piala dunia, tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa Twitter berpartisipasi cukup banyak dalam kehebohan piala dunia ini. Pengguna dapat dengan mudah melihat berbagai opini, analisa, berita, dan percakapan mengenai Piala Dunia 2010 Afrika Selatan hanya dengan mengamati timeline mereka melalui Twitter.