Twitter Logo

Twitter Lebih Dari 140 Karakter?

Jika anda salah satu orang yang ketagihan dengan Twitter, anda tentu tahu bahwa sebagai salah satu alat jejaring sosial media, Twitter tergolong sebagai salah satu situs yang cukup sering mengalami masalah. Sebut saja masalah paling umum yang dimiliki Twitter : Over capacity. Masalah yang terlihat sepele ini akan jadi sangat menyebalkan jika dialami berulang kali dan menghambatnya sebagai situs yang bersifat real-time. Namun kali ini, tepatnya kemarin, twitter mengalami masalah yang cukup serius dimana situs tersebut kehilangan karakteristiknya : kemampuan untuk menulis tweet lebih dari 140 karakter.

Jika anda melewatkan masalah ini, terdapat berbagai laporan di situs berita luar mengenai tembusnya limit 140 karakter ini. Diawali dengan postingan di Twitter Development Talk Google Group, sebuah forum yang membahas perkembangan Twitter, dimana salah satu pengguna forum bernama Chris White menuliskan langkah-demi-langkah untuk membobol batas karakter twitter tersebut.

Hasilnya? Salah seorang pengguna Twitter asal Jepang, @sskhybrid, berhasil menembus angka 2.135 karakter dengan sebuah tweet mengenai pengalamannya dalam menggunakan twitter, menggunakan aksara Jepang. Pengguna lain, @esehara, juga berhasil melakukan pembobolan batas karakter ini dengan menuliskan isi kitab Kejadian 1 sebanyak 3.157 karakter. Angka yang sangat jauh dari 140.

Twitter bug ini memanfaatkan kelemahan penyingkat tautan baru t.co yang memungkinkan penggunanya untuk mentweet non-URL link lebih dari 140 karakter. Meskipun begitu, cara ini hanya mampu dilihat melalui situs Twitter saja, dan tidak bekerja di berbagai website pihak ketiga dan aplikasi twitter, baik di desktop maupun ponsel.

Twitter membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk mengatasi masalah ini dan memperbaikinya. Tweet kebobolan tersebut sekarang sudah tampil dalam bentuk berbagai link biasa. Salah satu karyawan Twitter, John Adams, mengucapkan terima kasih kepada Chris White yang sudah menyadari bug tersebut sehingga mereka mampu dengan segera mengatasi masalah ini.

Twitter sendiri sudah memiliki banyak situs yang memperpanjang karakter twitter sehingga mampu melawan batas 140 karakter tersebut. Respons yang didapat pun beragam, baik pro maupun kontra. Bagaimanapun juga, 140 karakter adalah suatu seni dalam dunia twitter tersendiri yang sebaiknya tidak dirusak dengan berbagai perpanjangan jumlah karakter. Bagaimana menurut anda?