Twitter Logo

Twitter Menyensor #Flotilla?

Kasus penyerangan kelompok relawan “Freedom Flotilla” menuju Gaza memang menjadi topik panas di internet, dan tentu saja, di dunia Twitter. Sekian banyak tweets yang mengalir membicarakan masalah #flotilla ini mulai menimbulkan suatu pertanyaan besar ketika #flotilla dan #gaza tidak menjadi trending topic di Twitter, sementara angka tweets yang membahas masalah #flotilla terus menanjak naik semenjak pagi tadi. Konspirasi?

Penyensoran kata #flotilla ini mulai disadari ketika para pengguna Twitter yang menggunakan situs website Twitter mencoba melakukan pencarian terhadap hashtag #flotilla. Halaman Twitter menunjukkan adanya Technical Error, sementara pencarian terhadap hashtag lain berhasil. Beberapa aplikasi layanan Twitter seperti Tweetdeck mampu menunjukkan banyaknya update dari hashtag tersebut mencapai 100 tweets per 10 menit, dan situs pembaca trending topic seperti Trendistic pun memberikan fakta yang cukup mencengangkan. Di situs yang melacak kata-kata populer di Twitter itu, kata “Flotilla” bercokol di urutan kedua setelah kata “Israil” yang merupakan bahasa Turki untuk menyebut Israel.

TrendMap Shows #Flotilla

Setelah menyadari hal tersebut, para pengguna Twitter pun merasa kecewa dan meyakini adanya campur tangan pihak-pihak dibalik Twitter yang memblokir #flotilla menjadi trending topic. Dowzocalypse juga memberitahukan adanya beberapa akun twitter yang dilaporkan telah melakukan spamming dan beberapa tweets mereka mengenai #flotilla dihapus.

Mike Butcher dari Techcrunch meyakini bahwa penyebab masalah ini diduga kuat adalah sistem algoritme trending topics twitter baru yang bersifat anti-spamming : Masalah “flotilla” sudah pernah ada di minggu sebelumnya – yang merupakan hari perayaan Dunkirk (penyelamatan dramatis selama perang dunia kedua antara pasukan Inggris dan Perancis dari pantai Dunkirk dengan kapal kecil).

Sementara “gaza” sendiri merupakan topik yang rutin dibicarakan. Algoritme tersebut salah menilai kedua hashtag yang kembali menjadi pembicaraan hangat dan menganggapnya sebagai hashtag spam. Masuknya hashtag #freedomflotilla ke barisan trending topics membuktikan dengan jelas bahwa tidak ada “penyensoran” yang dilakukan, melainkan mutlak suatu kesalahan sistem algoritme baru yang bekerja dengan “baik” dalam mencegah adanya spamming ke dalam deretan Trending Topics.