Wordpress 3 Logo

WordPress 3.0 Thelonious

Setelah 6 bulan perjuangan berat dari 218 kontributor WordPress akhirnya membuahkan hasil. Setelah meliris versi betanya beberapa bulan lalu, Thelonious, codename dari WordPress 3.0, sekarang sudah bisa diunduh, atau jika anda sudah menggunakan WordPress Dashboard versi lama, anda bisa mengupgradenya ke versi terbaru ini. Kehadiran Thelonious tentunya disambut hangat oleh para pengguna wordpress, mengingat WordPress versi 2.9 telah diunduh sebanyak hampir 10.3 juta kali.

Blog resmi wordpress
mengangkat perubahan yang ditunjukkan dengan theme dasar terbaru WordPress bernama Twenty Ten, yang mendapat cukup banyak perhatian dari tim WordPress. Tim pengembangan theme mendapat API terbaru yang mempermudah mereka dalam mengatur custom background, header, shortlink, menu, jenis post, dan taksonomi.

Pengguna akan sangat menikmati tampilan yang lebih “terang” dan enak dilihat. Kolom bantuan di setiap layar yang ada akan mempermudah pengguna, terutama yang baru menggunakan WordPress untuk mengatasi berbagai masalah mendasar. 1217 bugs pun sudah diatasi dengan baik. Tidak hanya itu, WordPress juga mempermudah bulk-updates sehingga dapat meng-upgrade 15 plugins hanya dalam satu klik saja.

Berikut adalah video resmi dari WordPress mengenai Thelonious :

Harapan para pengguna wordpress pun terwujud. Setelah menunggu sekian lama, WordPress pun menggabungkan instalasi antara penggunaan Multi User dan wordpress standar yang selama ini berada dalam suatu instalasi terpisah. Pengguna wordpress pun dapat mengontrol beberapa (bahkan jutaan) blog hanya dalam satu instalasi saja.

Salah satu poin penting lainnya yang diumumkan WordPress adalah pernyataan bahwa timnya tidak akan terburu-buru mempersiapkan WordPress 3.1. Sebaliknya, mereka akan menjauhkan diri sejenak dari siklus rilis dan mendekatkan diri ke hal-hal lain mengenai WordPress. Dalam 3 bulan berikutnya tim WordPress akan “membelah diri” dan menfokuskan diri ke berbagai area lain dengan berbagai kemungkinan. Target yang mereka incar adalah perubahan yang lebih baik secara menyeluruh untuk infrastruktur yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya.