Facebook dan Yahoo

Yahoo Profiles Berintegrasi Dengan Facebook Connect

Yahoo! semakin mengembangkan sayapnya di dalam dunia internet. Menyadari kekuatan layanan jejaring sosial yang semakin marak digunakan oleh para pengguna internet, Yahoo! pun mempererat hubungannya dengan Facebook yang merupakan layanan situs jejaring sosial favorit dengan memasuki tahap baru dalam pengintegrasian dirinya kepada Facebook.

Sebelumnya Yahoo! sendiri sudah terkoneksi dengan Facebook dengan menempelkan fitur Facebook Connect di berbagai layanan Yahoo!, seperti Yahoo Mail, News, Sport, dan Finance. Pengintegrasian ini mengijinkan penggunanya “melihat aktivitas teman Facebook anda di Yahoo! – pemberian peringkat, foto, komentar di berbagai artikel, dan sebagainya – langsung di halaman Facebook stream.”

Proses pengintegrasian ini pun diperkuat lagi dengan memudahkan penggunanya untuk menghubungkan diri langsung ke Facebook melalui halaman home Yahoo. Pengguna bisa langsung mengupdate status atau bahkan memberikan komentar ke Facebook langsung dari berbagai layanan Yahoo!, termasuk Yahoo! Mail. Dengan begitu, penggunanya bisa semakin mudah berbagi berbagai macam konten yang mereka miliki ke Facebook secara langsung melalui Yahoo! tanpa harus membuka halaman Facebook.

Yahoo Pulse : Facebook Connect + Yahoo Profiles

Layanan Yahoo! profiles yang biasanya digunakan oleh penggunanya untuk menghubungkan diri ke berbagai layanan lain diluar Yahoo! pun berganti nama menjadi Yahoo! Pulse, seperti yang diumumkan oleh Techcrunch. Masalah privasi yang sedang menjadi topik hangat pun terkait dengan penggantian nama ini, untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengontrol pengaturan privasi dan berbagai link penggunanya. Yahoo! pulse memberikan kemudahan dalam mengatur penuh privasi berbagai layanan jejaring sosial yang terkait dengan Yahoo!, dimulai dengan Facebook, dan akan disusul oleh berbagai layanan lain tahun ini. Sudah lebih dari 15 situs Yahoo! tergabung dalam layanan Yahoo! Pulse, menjadikan layanan ini terlihat cukup menjanjikan, ditambah dengan pengintegrasiannya dengan Facebook.

Usaha Yahoo! memasuki dunia jejaring sosial memang sudah tercium kuat belakangan ini, salah satunya adalah pengakuisisian Koprol beberapa waktu lalu yang cukup menghebohkan dunia internet. Semakin intimnya hubungan Yahoo! dengan Facebook diyakini mampu membawa Yahoo! meraih tujuan mereka dalam menggabungkan berbagai layanan hubungan sosial dari berbagai web, dan menyediakan satu situs untuk mengakses informasi dan menjaga relasi penggunanya dengan dunia sekitar, seperti yang telah disebutkan di blog resmi Yahoo.

Screenshot : TechCrunch