Youtube Logo

Youtube Mobile Kini Dengan HTML5

Penggemar Youtube akan semakin dipuaskan dengan berita terbaru ini, terutama bagi pengguna peramban ponsel yang mendukung HTML5. Dengan berbagai update terbarunya, situs khusus mobile Youtube, m.youtube.com, telah dipercantik dengan kecepatan loading yang jauh lebih baik. Bermacam-macam fitur HTML5 juga banyak dipergunakan di situs ini, termasuk fitur video-tag. Yang terpenting adalah kualitas video yang jauh lebih superior dibandingkan dengan aplikasi khusus ponsel lainnya, dengan berbagai konten lain yang akan ditambahkan selanjutnya. Website ini juga sangat mudah diakses dari berbagai ponsel yang didukung HTML5, termasuk pengguna iPhone dan ponsel Android.

Youtube memang sudah memiliki aplikasi khusus untuk berbagai sistem operasi mobile, namun pada presentasi yang diadakan di kantor pusat YouTube hari ini, sang manajer produk, Andrey Doronichev, memperjelas bahwa web mobile yang terbaru ini memang jauh lebih baik dari berbagai sudut pandang, yang semakin menggaris bawahi tren terbaru saat ini, dimana Google sedang dengan gencarnya mempromosikan aplikasi web dibandingkan aplikasi khusus lainnya.

Seperti yang dikutip oleh Techcrunch, pada suatu demo khusus yang dilakukan oleh Doronichev, ia mengambil dua iPhone sekaligus dan membandingkan penggunaan aplikasi khusus Youtube dengan m.youtube.com, dimana aplikasi web tersebut menawarkan berbagai keuntungan termasuk sistem auto-complete pada fasilitas pencarian dan User Interface yang lebih konsisten dengan versi terbaru dari web Youtube. Kualitas video yang jauh lebih baik dibandingkan aplikasi khusus Youtube pada iPhone dikarenakan aplikasi khusus iphone tersebut masih menggunakan format video streaming yang dibuat khusus untuk Edge, bukan 3G. Video pada aplikasi HTML5 terlihat lebih baik.

Bagaimanapun juga, ada satu masalah besar yang masih dialami oleh aplikasi web yang tidak dapat disepelekan begitu saja. Youtube mengalami kenaikan jumlah viewer lebih dari 160% dibandingkan tahun lalu, dengan sekitar 100 juta kali ditonton melalui mobile setiap harinya, yang dipercayai bahwa jumlah sebesar itu banyak dihasilkan oleh pengguna iPhone dan iPod Touch. Bagi para pengguna gadget tersebut, aplikasi khusus tentunya lebih banyak digunakan dibandingkan aplikasi web. Doronichev berkata bahwa pengguna akan mulai lebih menggunakan aplikasi web semenjak perubahan besar yang dilakukan ini, namun tentunya hal itu membutuhkan promosi secara besar-besaran.