Kiat Membangun Toko Online di Facebook

Kiat Membangun Toko Online di Facebook

Saat ini lebih dari 27.338.560 akun Facebook asal Indonesia tentu merupakan pasar yang tidak kecil bagi siapapun yang ingin mencoba meraih keuntungan darinya. Angka tersebut merupakan 5.37% dari total pengguna Facebook di seluruh dunia. Mulai dari operator seluler dengan dana pemasaran hampir tidak terbatas hingga perorangan-perorangan dengan dana pemasaran hampir tidak ada yang ingin menambah uang jajan dengan menjual apapun yang bisa mereka jual. Berikut kiat membangun toko online di Facebook yang profitable dengan biaya rendah :

1) Gunakan Facebook Page

Hal pertama yang wajib dibuat. Mudah tapi banyak yang entah belum tahu keberadaannya entah belum tahu manfaat Facebook Page ini sehingga memilih menggunakan akun personal untuk toko online-nya. Facebook Page memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Facebook personal :

a) Jumlah Fans di Facebook Page tidak terbatas sementara akun Facebook personal dibatasi hingga 5.000 teman. Hal ini baru terasa pengaruhnya ketika bisnis telah berkembang pesat dan melebihi 5.000 teman.

b) Facebook Page bisa dikendalikan oleh lebih dari 1 admin sementara akun Facebook personal hanya dapat dikendalikan oleh 1 orang saja kecuali melakukan sharing password di mana hal ini tidak disarankan.

c) Sebuah statistik disajikan di Facebook Page untuk membantu pengambilan keputusan strategi selanjutnya sedangkan di Facebook personal tidak ada.

2) Isi profil di Facebook Page selengkap mungkin

Hal sepele yang satu ini sedikit banyak dapat membantu kredibilitas dari toko online. Lengkap berarti semua kolom terisi namun bukan berarti isinya makin panjang makin baik melainkan semakin singkat & jelas semakin baik karena tidak semua orang memiliki waktu untuk membaca sebuah karangan bebas yang bertele-tele.

Demkian juga dengan foto profil, wajib ada. Memasukan logo toko atau foto produk sebagai foto profil adalah konsep yang paling umum jika tidak terpikirkan lagi akan memasukan foto apa. Yang pasti jangan memasukan foto diri sendiri. Silakan ganti foto profile jika merasa perlu asal tidak terlalu sering. Foto ini lebih berguna untuk branding merk toko daripada langsung berjualan.

3) Suggest like ke teman-teman di akun Facebook personal

Pastikan Anda mensuggest like ke teman-teman Facebook pribadi yang benar-benar Anda kenal atau kepada teman-teman Facebook yang mungkin memiliki ketertarikan dengan tema toko yang kita jalankan.

Jika fans page Anda telah mencapai 25 orang jangan lupa untuk mengklaim nama belakang toko anda pada Facebook sehingga tautan nama toko anda menjadi lebih mudah dsebutkan misal : http://facebook.com/namatokoanda

4) Update status secara rutin

Facebook Page toko anda akan terlihat hidup jika anda rajin melakukan update status secara konsisten. Tidak ada aturan pasti untuk seberapa sering melakukan update namun saya menyarankan untuk mengupdate-nya :

a) Minimal 1x sehari sesibuk apapun aktivitas toko anda.
b) Maximal 1 update per jam karena lebih dari itu akan terasa mengganggu news feed fans anda.

Update status yang dilakukan pun harus berimbang antara yang berisi informasi dengan iklan produk toko anda. Tidak ada aturan pasti juga untuk presentase-nya namun saya biasa menggunakan presentase 1 : 5 di mana dalam 5 kali update status terdapat 4 update berisi informasi dan 1 berisi iklan.

Usahakan untuk melakukan update status dengan konten yang bervariasi setiap hari antara text biasa, tautan, gambar maupun video. Variasi jenis konten ini untuk meningkatkan ketertarikan fans toko anda untuk memberikan waktunya memperhatikan apa yang anda sampaikan.

Berikan tanggapan bagi komentar yang masuk baik itu positif atau negatif. Rendah hatilah ketika mendapatkan komentar positif. Ucapkan terima kasih untuk setiap kritik yang diterima.

5) Hindari penyalahgunaan photo-tagging

Saat membaca judul poin nomer 5 ini, saya yakin banyak yang akan tersenyum kalau bukan merasa senang inspirasinya terwakili. Photo-tagging ini memiliki efek viral yang luar biasa untuk mempromosikan produk dan merupakan salah satu yang paling banyak disalahgunakan. Dampaknya? Seperti yang kita tahu bersama : mengganggu kenyamanan.

6) Lakukan promosi yang melibatkan fans.

Promosi adalah soal kreativitas. Ide-nya bisa beraneka-ragam mulai dari yang sangat sederhana hingga sangat kompleks, mulai dari yang berbiaya sangat rendah hingga berbiaya luar biasa tinggi. Minimal ada 2 prinsip dasar yang harus dipatuhi dalam menyusun ide promosi :

a) Hindari promosi yang mengurangi kenyamanan fans atau teman fans anda.
b) Libatkanlah fans anda untuk ikut terlibat dalam kegiatan positif anda.

Contoh promosi efektif biaya rendah yang sederhana di Facebook : Minta calon pembeli toko anda untuk mengupdate status-nya seperti biasa namun dengan menyebutkan nama toko anda dengan @ di depannya (agar membentuk tautan) dan berikan diskon atau bonus khusus. Kunci keberhasilan promosi ini pada seberapa menarik diskon atau bonus yang diberikan.

7) Gunakan Facebook Ads (optional)

Memiliki dana lebih? Gunakan Facebook Ads.

Hal yang perlu diketahui :

a) Fokuskan iklan anda pada pembangunan database fans daripada langsung menjual produk.
b) Makin banyak like yang iklan anda peroleh maka semakin murah biaya iklan tersebut.

8 ) Bergaul dengan komunitas yang mungkin akan membutuhkan produk anda.

Jika anda tidak memiliki dana yang besar untuk melakukan promosi produk melalui media lain, komunitas adalah media yang efektif. Meskipun demikian promosi melalui komunitas ini memerlukan perlakuan berbeda dibandingkan melalui media lainnya. Berikut adalah tips melakukan promosi pada komunitas :

a) Bergaul-lah secara pribadi dalam komunitas.
b) Berkenalanlah dengan sebanyak mungkin anggota komunitas (terutama pemimpin/pendiri komunitas) dan kenalilah anggota-anggota komunitas yang berpengaruh selain pemimpin / pendiri komunitas tersebut.
c) Saat komunitas akan mengadakan gathering atau lomba, berikan penawaran kerjasama terbaik dari toko online anda.

Punya kiat membangun toko online di Facebook yang lain? Ayo bagikan di kolom komentar..