Android Logo

Android App Inventor

Analis memprediksi popularitas ponsel Android akan melibas iPhone pada tahun 2012. Hal tersebut dikuatkan dengan berbagai inovasi yang diluncurkan oleh Android. Setelah merilis Android 2.2 pada 20 Mei 2010 silam, pada hari ini Google mengumumkan Android App Inventor, suatu aplikasi untuk membangun Aplikasi Android yang dirancang untuk semudah mungkin digunakan bagi siapapun baik programmer, non programmer, professional atau bahkan mahasiswa sekalipun. Android App Inventor sederhana untuk digunakan, tetapi juga sangat handal untuk membuat aplikasi-aplikasi menarik dan serba bisa.

Android App Inventor Screenshot

Android App Inventor membuat blok-blok hanya untuk segala hal yang dapat Anda lakukan dengan ponsel Android, serta blok untuk melakukan hal “seperti-pemrograman” – blok untuk menyimpan informasi, blok untuk tindakan berulang, dan blok untuk melakukan tindakan di bawah kondisi tertentu. Bahkan ada blok untuk berinteraksi dengan layanan seperti Twitter yang memungkinkan kita untuk mengintegrasikan fungsi seperti pencarian Twitter, otentikasi pengguna, tweeting dan direct message dengan beberapa drag-and-drop.

Android App Inventor Screenshot 2

Sekarang bayangkan apa yang akan terjadi ketika kita dapat melakukan hal yang sama untuk Facebook, Foursquare dan layanan lain yang menawarkan API atau widget. Penerapan Facebook Connect pada Android App Inventor bisa berpotensi menjadi sesederhana drag-and-drop potongan puzzle yang tepat. Demikian pula, memungkin bagi pengembang untuk membangun komponen yang belum tentu mengikat langsung ke layanan pihak ketiga namun lebih maju dari komponen standar yang ditetapkan.

Android App Inventor saat ini masih berada di Google Labs dan beberapa komponen masih dalam tahap pengembangan. Jika anda tertarik untuk mendapatkan undangan untuk mencobanya, silakan isi formulir ini dan saksikan video di bawah ini untuk melihat cara kerjanya.