Apple Logo

Apple Refresh 3 Line Produk Dan Tambah 2 Produk Baru

Bukan Apple namanya jika tidak ada update produk baru yang inovatif setiap tahunnya. Setelah merilis iPad pada April 2010 silam, Mac Mini dan iPhone4 pada Juni 2010 lalu, Apple kemarin kembali merefresh 3 buah line produk mereka dan menambah 2 produk baru di portofolio produk mereka. Tidak terlalu digembar-gemborkan dan tidak seheboh 2 produk baru sebelumnya, iPad dan iPhone4 yang kontroversial itu namun tetap inovatif dan menarik untuk disimak. Apa saja produk-produk baru tersebut?

iMac RefreshHadiGunawan.Net iMac 2010

Hanya ada update spesifikasi pada processor dan VGA. Tidak ada teknologi baru di sini.

Seluruh iMac telah dipersenjatai dengan processor Intel Core i baik Core i3, Core i5 maupun Core i7. Kedua iMac 21.5-Inch menggunakan Intel Core i3 sementara pada iMac 27-Inch ada yang menggunakan Core i3 dan ada yang menggunakan Core i5. Sementara Core i7 hadir hanya sebagai optional dari iMac 27-Inch yang by default menggunakan processor Core i5 dengan menambah US$ 200.

Berbeda dari jajaran iMac sebelumnya yang menggunakan VGA nVidia dan ATI, seluruh iMac baru kali ini diperkuat hanya oleh 1 merk yaitu ATI Radeon. iMac 21.5-Inch termurah menggunakan ATI Radeon HD 4670 with 256MB of GDDR3 memory, iMac 21.5-Inch termahal sama seperti iMac 27-Inch termurah menggunakan ATI Radeon HD 5670 with 512MB of GDDR3 memory, sementara iMac 27-Inch termahal menggunakan ATI Radeon HD 5750 with 1GB of GDDR5 memory.

Pemesan iMac 27-Inch juga dapat memesan pilihan untuk media penyimpanan menggunakan (Solid State Drive) SSD berkapasitas 256GB baik sebagai media penyimpanan utama maupun kedua. SSD iMac ini mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 215 MB/s.

Seperti sebelumnya iMac baru kali ini di Apple Store US dihargai mulai dari US$ 1,199 hingga US$ 1,999. Berapakah harga di Indonesia? Belum ada kepastian harga sebelum barangnya masuk namun biasanya lebih tinggi US$ 100 hingga US$ 200 dari harga di Apple Store US. Kapan masuk Indonesia? Belum ada kepastian juga namun jika tidak ada halangan berarti, biasanya sekitar 3-4 minggu setelah peluncuran di US.

Mac Pro RefreshMac Pro 2010

Hanya ada update spesifikasi pada processor, HDD dan VGA. Tidak ada teknologi baru di sini.

Processor default Mac Pro baru ada penambahan sedikit clockspeed dari Quad-Core 2.66GHz ke 2.8GHz dan 8-Core 2.26GHz ke 2.4GHz. Namun pada Mac Pro baru, pembeli Mac Pro 8-Core dapat memilih untuk memesan Mac Pro dengan menggunakan 2 buah processor Intel Xeon X5670 6-Core sehingga memiliki total 12-Core.

Kapasitas HDD dari yang sebelumnya 640GB, sekarang menjadi 1TB by default dengan teknologi Serial ATA 3Gb/s berkecepatan 7200RPM. Yang baru Apple menambahkan pilihan 512GB Solid State Disk (SSD) untuk performa yang lebih stabil dan lebih kencang hingga 2x kecepatan rata-rata media penyimpanan standar.

Mac Pro sebelumnya menggunakan VGA nVidia GeForce GT 120 with 512MB kali ini seluruhnya menggunakan ATI Radeon HD 5770 with 1GB of GDDR5.

Harga mulai dari US$ 2,449 untuk Mac Pro Quad Core dan US$ 3,499 untuk Mac Pro 8-Core. Mac Pro baru akan mulai tersedia di Apple Store US pada bulan Agustus 2010 mendatang.

Cinema Display RefreshCinema Display LED 2010

Tidak ada lagi Cinema Display 24-Inch dan 30-Inch.

Kini hanya ada 1 ukuran Cinema Display : 27-Inch dengan resolusi 2560 x 1440 dan 16:9 Aspect Ratio. Dengan teknologi in-plane switching (IPS), 27-Inch Cinema Display LED baru ini mampu mengeluarkan tampilan yang brilian hingga sudut pandang 178 derajat.

27-Inch Cinema Display LED akan dijual di Apple Store US mulai September 2010 di harga US$ 999.

Apple Battery ChargerApple Battery Charger

Produk baru Apple yang satu ini memang lain daripada yang lain : Sebuah charger batere. Mengingat dalam beberapa tahun terakhir Apple sering mengeluarkan produk wireless yang menggunakan energi dari batere, keberadaan produk ini menjadi penting.

Beserta Apple Battery Charger ini juga disertakan 6 buah batere AA NIMH. Batere ini dirancang untuk mampu bertahan hingga 10 tahun melalui ratusan charge cycles. Bahkan jika kita tidak menggunakan batere ini sama sekali dalam setahun, charge batere ini akan tetap terisi sekitar 80%. Seperti charger pada MacBook dan MacBook Pro, Apple Battery Charger ini juga dibuat dari plastik putih khas Apple.

Apple Battery Charger ini dijual di Apple Store US seharga US$ 29

Magic TrackPadApple Magic Trackpad

Multi-Touch trackpad pertama yang dirancang untuk bekerja dengan komputer desktop Mac. Ia menggunakan teknologi Multi-Touch yang sama yang dengan di MacBook Pro dan mendukung set lengkap gerak, memberi cara baru untuk mengontrol dan berinteraksi dengan apa yang ada di layar Anda. Swiping melalui halaman online terasa seperti membalik-balik halaman buku atau majalah. Dan scrolling akan membuat bergerak naik dan turun halaman lebih alami dari sebelumnya. Magic Trackpad terhubung ke Mac melalui teknologi nirkabel Bluetooth.

Magic TrackPad telah tersedia di Apple Store US dengan harga US$ 69.