Seagate Logo

External HardDisk 3TB Pertama Di Dunia Dari Seagate

Hari ini Seagate resmi mengumumkan kehadiran Hard Drive eksternal pertama dengan kapasitas terbesar di dunia, 3 Terra Byte. Sudah terbayang berapa banyak dokumen, lagu, foto, film, atau bahkan games yang bisa anda simpan dengan kapasitas sebesar itu? FreeAgent GoFlex Desk – nama hard drive tersebut, akan hadir ke pasaran akhir tahun.

“Tuntutan para konsumen atas kapasitas media penyimpanan yang lebih besar memang sangat cepat, mengingat konsumen akan tetap terus menyimpan berbagai video berkualitas tinggi, lagu, dan foto.” Ujar Dave Mosley, wakil presiden eksekutif Seagate bagian Sales, Marketing and Product Line Management, melalui press release resmi Seagate.

Dengan ukuran sebesar 3.5 inci, FreeAgent GoFlex Desk hadir dengan jaminan adanya backup otomatis secara berkala, perlindungan data dengan piranti lunak enkripsi yang kuat, dan kemudahan peletakan secara horizontal maupun vertical, tergantung dari lingkungan anda. FreeAgent GoFlex Desk juga menyediakan fleksibilitas untuk beradaptasi dari tampilan standar USB Drive 2.0 dan berpindah ke USB 3.0 atau Firewire 800 (dengan lebih banyak budget yang dikeluarkan, tentunya) jika anda menginginkan performa dan kecepatan transfer yang lebih baik, hanya dengan menambah adaptor tambahan.

Seagate FreeAgent GoFlex 3TB

Anda juga bisa dengan mudah menyimpan dan mengakses isi dari FreeAgent GoFlex Desk dari Windows maupun Mac OS X tanpa harus menformat ulang hard drive anda, dengan adanya NTFS driver untuk Mac.

FreeAgent GoFlex Desk dibandrol dengan harga 249 USD dengan USB Drive 2.0. anda harus mengeluarkan budget extra USD 30 untuk adaptor USB drive 3.0, atau USD 40 untuk adaptor FireWire 800. Harga tersebut tentunya cukup menarik minat pasar untuk sebuah hard drive eksternal dengan kapasitas sebesar itu.

Bagaimanapun juga, ada keterbatasan bagi beberapa komputer yang menggunakan 32-bit OS Windows sehingga kapasitas 3TB tersebut tidak bisa digunakan secara sekaligus, disebabkan oleh standar LBA (Logical Block Adressing) yang membatasi drive hanya sampai 2.1 Tb. Masalah tersebut tidak akan ditemui oleh Mac yang menggunakan sistem HFS+. Ada juga beberapa masalah dengan MBR, sistem RAID, dan hard drive controllers, namun tidak cukup kuat untuk menghalangi Seagate untuk meluncurkan Hard Drive eksternal terbesarnya ini.