Hasil Konferensi Pers Apple iPhone 4

Masalah sinyal dan call-drop yang dihadapi oleh para pengguna iPhone4 dijawab sudah oleh Steve Jobs pada acara press conference yang diadakan kemarin, 16/07/2010 di kantor pusat Apple di Cupertino. Acara yang dinanti berbagai pihak ini diawali dengan suatu pernyataan khusus dari Steve Jobs : “Kami (Apple) tidak sempurna.”

Liputan resmi Techcrunch secara live dari acara tersebut mengabarkan bahwa Steve Jobs dan teamnya tidak tutup mata begitu saja mengenai berbagai laporan masalah sinyal tersebut yang sudah muncul sejak penerimaan iPhone 4 pertama dari pihak yang melakukan pre-order. Selama 22 hari penuh, team Apple telah bekerja keras untuk mempelajari kasus ini. Masalah ini disebut sebagai Antenna Gate, suatu masalah sinyal yang menurutnya tidak hanya dialami oleh Apple, namun juga dialami oleh berbagai smartphone lainnya, dimana ketika handphone tersebut digenggam, beberapa bar sinyal pun hilang.

Mereka mengakui ketidakmampuan mereka dalam menemukan hukum fisika mengenai masalah tersebut. Bagaimanapun juga, Steve Jobs mengingatkan bahwa masalah ini tidak sebesar apa yang diberitakan di internet. Hasil data yang didapat dari AppleCare menyatakan bahwa hanya 0.55% dari pengguna iPhone4 yang menghubungi AppleCare dan menyatakan ketidakpuasan mereka atas masalah sinyal tersebut. Persentase jumlah pengembalian iPhone pun hanya 1.7%. Masih bermain dengan data mereka, Steve Jobs juga membandingkan persentase call-drop yang dialami iPhone4 dibandingkan dengan iPhone3Gs., yang kurang dari 1 per 100 telepon yang dilakukan. Bahkan itu dianggap masih terlalu banyak untuk team Apple.

Steve Jobs mencoba membandingkan masalah design yang dialami iPhone4 dengan iPhone3Gs. “Ketika iPhone3Gs masuk ke pasaran, designnya masih sama dengan design sebelumnya, sehingga mereka sudah mempunyai berbagai casing yang tersedia. Tidak seperti iPhone4 yang memiliki design baru dengan keterbatasan casing yang ada.”

Banyaknya info mengenai kemampuan bumper untuk mengatasi masalah tersebut pun membuat Apple memberikan bumper tersebut bagi para penggunanya secara cuma cuma.. Untuk pengguna yang sudah terlanjur membeli bumper, Apple akan mengembalikan uang mereka.

Bila anda masih tidak cukup puas dengan bumper tersebut, Apple memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk mengembalikan iPhone4 yang masih dalam keadaan bagus dan mendapatkan uang kembali secara penuh. “kami ingin membuat pelanggan kami senang. Jika kami tidak bisa membuat mereka senang, kami akan mengembalikan uang mereka.” Ujar Steve Jobs.

Bagaimana dengan iPhone4 berwarna putih? Apple menyatakan akan mulai mengirimkan produk tersebut ke pasaran pada akhir bulan ini. Tidak hanya itu, pada tanggal 30 Juli iPhone akan masuk ke 17 negara lainnya, termasuk Hongkong dan Singapura.

Steve Jobs kembali menyatakan bahwa setiap smartphone memiliki kelemahan, termasuk iPhone. Pemberian bumper gratis yang dibatasi hanya sampai 30 september disebabkan karena Apple ingin meneliti lebih lanjut mengenai masalah tersebut dan berharap akan bisa dengan segera mengatasi masalah ini sebelum tanggal yang ditentukan itu.