Logo WWDC 2010

Prediksi Apple WWDC 2010

Apple World Wide Developer Conference (WWDC) 2010 akan dimulai senin lusa tanggal 7 Juni 2010 pada pukul 10 pagi waktu setempat dan akan dibuka langsung oleh Steve Jobs. Tiket telah terjual habis. Acara tahunan Apple ini akan berlangsung hingga Jumat 11 Juni 2010. Jadwal telah disusun namun seperti kebiasaan Apple pada tahun-tahun sebelumnya di mana mereka biasanya mengumumkan produk barunya, tahun ini pun rumor mengenai peluncuran produk baru pada saat Apple WWDC 2010 pun beredar. Berikut prediksi produk baru apa yang diperkirakan akan diumumkan :

1) iPhone OS 4

Steve Jobs diprediksi akan menghabiskan sebagian waktunya untuk berbicara tentang iPhone OS 4. Bibit pengembang SDK iPhone baru telah dirilis secara berkala setiap dua minggu sampai minggu terakhir ini, menunjukkan bahwa Apple kemungkinan mencicil perubahan terbaru untuk WWDC. Kami belum yakin kapan versi final akan dirilis ke publik.

2) Mac Pro / Display 27″

Apple Mac Pro mengalami keterlambatan untuk update. Revisi terakhir untuk Mac Pro bulan Maret 2009. Intel telah memperkenalkan prosesor baru yang akan cocok untuk Mac Pro, meskipun volume pengiriman dari chip Xeon 6 Core tertunda sampai Juni. Kami juga mendengar rumor bahwa Apple sedang mempersiapkan Mac Pro baru.

Sebuah laporan dari awal tahun ini juga menunjukkan bahwa Apple adalah sebuah 27 baru “LED Cinema Display untuk memulai” pada bulan Juni. Layar dikatakan memanfaatkan panel yang sama digunakan dalam 27″ iMac dan sangat mirip dengan 24 “LED Cinema Display yang diluncurkan pada akhir 2008.

3) Cloud Berbasis iTunes / MobileMe

Sementara beberapa pengamat telah berspekulasi tentang kemungkinan peluncuran layanan cloud iTunes berbasis di WWDC, sumber di industri mengatakan layanan seperti tidak akan segera terwujud dalam waktu dekat. Steve Jobs tidak mengungkapkan awal pekan ini, meskipun Apple telah mengerjakan beberapa jenis sinkronisasi nirkabel untuk iPhone.

Salah satu rumor belum dikonfirmasi juga menyatakan bahwa Apple mungkin mulai menawarkan versi gratis dari MobileMe sebagai bagian dari inisiatif berbasis cloud.

4) Apple TV

Sebuah rumor baru-baru ini melaporkan bahwa Apple sedang bekerja pada TV Apple benar-benar diubah. Sementara streaming konten akan menjadi fokus dari perangkat, pengguna juga akan memiliki pilihan untuk memasangkan Apple TV baru dengan Time Capsule untuk penyimpanan lokal eksternal.

Perangkat baru ini harus didasarkan secara langsung pada OS 4 iPhone. Jika benar, mungkin WWDC adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan perangkat, meskipun laporan menunjukkan bahwa kita tidak harus mengharapkan pengumuman dan tetap fokus perhatian terutama pada iPhone.

5) Mac OS X 10.7

Mac OS X 10.7 Internal Use

Rilis mayor berikutnya dari Mac OS X telah digunakan setidaknya sejak Oktober 2009. catatan Web untuk MacRumors menunjukkan bahwa internal Apple telah menggunakan 10,7 sejak saat itu. Sementara rumor awal telah menunjuk kemungkinan pengumuman Mac OS X 10,7 pada WWDC tahun ini.

6) Mac Mini dengan HDMI Port

Mac Mini 2009Versi Mac Mini saat ini di mana keluaran video berupa DVI atau mini DisplayPort

AppleInsider melaporkan seorang pembeli untuk institusi pendidikan telah memesan Mac Mini dalam jumlah besar sekitar 2 minggu yang lalu via seorang perwakilan Apple untuk sekolah. Pihak institusi pendidikan menyatakan mereka membutuhkan Mac Mini tersebut pada 1 Juni 2010 dan perwakilan Apple mengindikasikan bahwa mereka tidak masalah dengan tanggal tersebut. Namun minggu lalu pihak pembeli melihat perkiraan waktu kedatangan yang biasanya tertera 1-3 hari kerja menjadi suatu tanggal tetap yakin 14 Juni 2010.

Pembeli tersebut menyatakan bahwa setiap kali terjadi hal seperti ini di tahun-tahun yang lalu berarti barang yang mereka pesan akan segera direvisi.

AppleInsider menemukan bahwa generasi Mac Mini selanjutnya akan memiliki HDMI Port menggantikan DVI Port yang terdapat pada generasi saat ini.

Mac Mini 2010Versi Mac Mini yang belum diumumkan terlihat memiliki konektor HDMI

Sumber & Gambar : MacRumours & AppleInsider