Sony eReader dengan WiFi

Sony eReader Baru Dengan WiFi

eReader mungkin memang belum cukup terkenal di kalangan pengguna Indonesia. Melihat masa depan eBook yang terbilang cukup cerah di era serba terkomputerisasi ini, beberapa produsen eReader pun sudah berani bermain di pasar Indonesia. Salah satunya adalah Sony, yang sudah memiliki nama yang cukup terkenal di kalangan pengguna teknologi. Perusahaan tersebut baru saja mengeluarkan versi terbaru dari Sony E-reader mereka dengan beberapa improvisasi yang penting.

Sony eReader 5-inch pocket edition sekarang bernama PRS-350, sementara versi 6 incinya diberi nama PRS-650. Keduanya meluncur ke pasaran dengan kisaran harga US$ 180 dan US$ 230. Ukuran layar yang lebih besar lagi, 7 inci, akan beredar di pasaran sekitar beberapa bulan ke depan dengan harga US$ 300.

Spesifikasi yang dimiliki tergolong cukup meyakinkan. Sang adik, Sony eReader PRS-350, memiliki memori sebesar 2GB, sebuah koneksi USB, dan mendukung EPUB/ACS4, PDF, Microsoft Word, dan berbagai format teks lainnya. Sang kakak, PRS-650, memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama, dengan tambahan slot SD dan memory stick duo expansion untuk tambahan memori, serta jack headphone dan dukungan pemutar file mp3 dan AAC.

Salah satu kekurangan Sony eReader adalah ketidak adaannya koneksi wireless, yang membuat Daily Edition hadir ke pasaran dengan berbagai improvisasi yang mendukung: Memori 4GB, koneksi wireless, dan daya tahan baterai yang jauh lebih lama (27 hari jika tanpa penggunaan WiFi, menurut Sony).

Kelemahan Sony eReader yang terdahulu adalah tampilan layar sentuh mereka, yang kurang sensitif dan terlalu ”berlebihan” menurut para penggemar teknologi. Hal ini membuat mereka kurang digemari oleh pasaran dan lebih memilih produk lain seperti kindle. Sony sendiri mengatasi masalah tersebut dengan keluaran model terbaru mereka yang tentunya sudah jauh lebih baik, dengan layar sentuh yang lebih responsif dan perpindahan halaman yang lebih enak dilihat.

Sony juga memberi bocoran mengenai rencana mereka untuk mengeluarkan aplikasi Reader Mobile Edition untuk iPhone dan berbagai smartphone berbasis Android di akhir tahun ini.

Gambar milik Mashable