Steve Jobs

Steve Jobs Berbicara Adobe Flash

Flash is the number one reason Macs crash” – Steve Jobs.

Steve Jobs hari ini mengeluarkan pernyataan tentang kenapa Apple memutuskan tidak menggunakan Adobe Flash pada iPhone / iPad / iPod Touch :

1) Adobe Flash bersifat hak milik
Steve Jobs percaya semua standar yang berkaitan dengan web harus terbuka sedangkan Adobe Flash merupakan 100% hak milik yang mana Adobe memiliki otoritas tunggal untuk pengembangannya di masa depan, harga, dll. Jadi meskipun terdapat di mana-mana, Adobe Flash adalah sistem tertutup.

Apple telah mengadopsi HTML5, CSS dan Javascript – semua standar terbuka sebagai pengganti Adobe Flash. HTML5, standar web baru yang telah diadopsi oleh Apple, Google dan banyak perusahaan lainnya, memungkinkan pengembang web membuat grafis canggih, tipografi, animasi dan transisi tanpa bergantung pada browser pihak ketiga dan plug-in (seperti Flash). HTML5 benar-benar terbuka dan dikendalikan oleh suatu komite standar di mana Apple sebagai salah satu anggota.

2) Adobe Kebanyakan web video telah dapat diputar di iPhone / iPad / iPod Touch
Adobe telah berulang kali mengatakan bahwa perangkat mobile Apple tidak dapat mengakses “web penuh” karena 75% dari video di web ini di Flash. Apa yang tidak mereka katakan adalah bahwa hampir semua video ini juga tersedia dalam format yang lebih modern, H.264 dan dapat dilihat pada iPhone, iPod dan iPad. Kini format video di Facebook dan Youtube telah mendukung format H.264 yang dapat dimainkan pada perangkat bergerak Apple.

3) Adobe Flash game tidak lagi dibutuhkan
Perangkat bergerak Apple memang kini tidak dapat memainkan permainan berbasis Flash yang sangat populer saat ini. Namun ada lebih dari 50.000 judul permainan dan hiburan lainnya di App Store, dan banyak dari mereka yang gratis. Ada lebih banyak permainan dan judul hiburan tersedia untuk iPhone, iPod dan iPad daripada untuk platform lainnya di dunia.

4) Adobe Flash memiliki sistem keamanan yang rendah
Symantec baru-baru ini menyorot Adobe Flash karena memiliki salah satu rekor keamanan terburuk di tahun 2009. Apple juga tahu tangan pertama bahwa Flash adalah penyebab nomor satu Mac mengalami crash. Apple telah bekerja dengan Adobe untuk memperbaiki masalah ini, tetapi masalah tersebut tetap berlangsung hingga kini. Apple tidak ingin mengurangi kehandalan dan keamanan iPhone, iPod dan iPad dengan menambahkan Flash.

5) Adobe Flash tidak bekerja dengan maximal pada perangkat bergerak
Apple telah secara rutin meminta Adobe untuk menunjukan Flash dapat bekerja dengan baik pada perangkat bergerak selama beberapa tahun terakhir namun dari janji Adobe pada awal 2009 dan hingga kini masih belum juga terealisasi.

6) Adobe Flash memboroskan baterai
Untuk mencapai baterai yang tahan lama ketika memainkan video, perangkat bergerak harus mendekode video di perangkat keras sementara pendekodean dalam perangkat lunak menggunakan tenaga terlalu banyak. Banyak dari chip yang digunakan dalam perangkat bergerak modern berisi decoder H.264 – suatu standar industri yang digunakan dalam setiap DVD player Blu-ray dan telah diadopsi oleh Apple, Google (YouTube), Vimeo, Netflix dan perusahaan lainnya.

7) Adobe Flash dirancang untuk PC dengan menggunakan tetikus
Banyak website Flash mengandalkan rollovers di mana pop up menu atau unsur-unsur lain ketika melayangkan panah tetikus di atas sebuah tempat tertentu. Antarmuka multisentuh Apple tidak menggunakan tetikus dan tidak ada konsep rollover. Kebanyakan website Flash perlu ditulis ulang untuk mendukung perangkat berbasis sentuhan. Jika pengembang perlu menulis ulang situs web flash, kenapa tidak menggunakan teknologi modern seperti HTML5, CSS dan JavaScript?

Masih tertarik menggunakan Adobe Flash di perangkat bergerak anda? Anda sebaiknya membeli Asus EeePad.