StartUp Lokal

Cerita #StartupLokal Meetup v.4 : Communication

#StartupLokal Meetup v.4 diadakan Kamis sore, 5 Agustus 2010 lalu di Wisma Kosgoro (Thanks to Novrizal Pratama dan Putri Respati dari TRG) membahas bagaimana StartUp lokal Indonesia dapat memperoleh publikasi di media cetak maupun elektronik dengan biaya sangat rendah kalau bukan tanpa biaya sama sekali. Pembicara kali ini adalah Rene Canoneo, Waizly Darwin dan Silih Agung Wasesa. Usai pembicara, ada sesi pitching oleh KayaKarya dan Web.Dev.Academy. Apa yang menarik dari acara kali ini?

Jadwal menunjukan acara akan dimulai pukul 18.30. Saya berangkat sekitar 1 jam sebelumnya bersama 2 teman dengan cuaca mendung pekat. Sekitar 15 menit kemudian di tengah perjalanan, hujan pun turun dengan deras. Hingga sampai ke Wisma Kosgoro sekitar pukul 18.30 pun hujan masih deras. Karena parkir di tempat terbuka dan tidak mempersiapkan payung, saya dan teman menunggu sekitar 10-15 menit. Setelah hujan sedikit reda, kami memutuskan untuk segera masuk ke dalam gedung. Satpam gedung dengan ramah membantu kami menemukan ruang tempat acara ini.

Sampai ke depan ruangan, Hei! Ada yang baru kali ini..

Registrasi #StartUpLokal MeetUp v.4

Registrasinya menggunakan laptop dan terhubung langsung ke web Urbanesia. Selesai registrasi, kami dipersilakan untuk mengambil jatah makan. Penasaran apa makanannya?

Makanan #StartUpLokal MeetUp v.4

Masuk ke dalam ruangan ternyata peserta yang hadir masih sedikit dan pembica belum ada yang datang. Ada peserta yang sedang ngobrol, ada yang sedang mengetes kecepatan internet yang kabarnya WiMax dan ada yang sedang asik melahap makanan. Oke, hal yang terakhir disebutkan itu yang saya lakukan ketika pertama kali masuk ruangan. Setelah itu saya pun ngobrol dan bertukar kartu nama dengan beberapa peserta yang sudah hadir kemudian mencoba WiMax di ruangan tersebut. Cepatkah? Ini hasilnya :

#StartUpLokal v.4 SpeedTest Result

Para peserta dan pembicara pun terus berdatangan hingga acara dimulai sekitar pukul 19.30 malam. Ollie didaulat menjadi moderator pada acara malam ini. Rene Canoneo menjadi pembicara pertama. Rene menekankan dengan tegas kepada moderator maupun peserta untuk tidak memanggil dirinya dengan mas, pak, atau om. Seperti saya duga sebelumnya, Rene membawakan presentasinya tentang personal branding dengan menarik. Sayangnya saya belum berhasil mendapatkan slide presentasi beliau.

Rene Presentation on #StartUpLokal MeetUp v.4

Pembicara berikutnya adalah Waizly Darwin dari The Marketeers. Waizly membagikan pengalaman kreatifnya besama tim dalam membangun majalah komunitas marketer tersebut dengan biaya yang rendah namun dapat menghasilkan nilai public relation yang setara dengan Rp 5 milliar hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja.

Waizly Darwin Presentation on #StartUpLokal MeetUp V.4

Pembicara terakhir adalah Pak Silih Agung Wasesa dari AsiaPR. Beliau dalam presentasinya membahas Extreme PR Strategy yaitu contoh-contoh strategi public relation non-konvensional yang sangat kreatif baik lokal maupun internasional yang berbiaya rendah namun memiliki efek PR yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan menggunakan media konvensional yang biasanya berbiaya lebih tinggi.

Silih Agung Wasesa Presentation on #StartUpLokal MeetUp v.4

Usai presentasi ketiga pembicara, sesi tanya jawab dibuka. Puas bertanya, acara pun beralih ke sesi pitching. Yang pertama kali melakukan pitching adalah Jeannie Tan dari KayaKarya. Presentasi dibawakan 100% dalam bahasa Inggris.

KayaKarya Pitch on #StartUpLokal MeetUp v.4 by Jeannie Tan

Usai presentasi, MC memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Saya adalah yang pertama kali bertanya dan sekaligus merupakan penanya yang paling banyak bertanya (baca : bawel). Selain saya, ada beberapa orang lagi yang bertanya.

Pitching berikutnya adalah Chandra Marsono membawakan Web.Dev.Academy. StartUp ini dibangun oleh Chandra berpartner dengan Ollie. Web.Dev.Academy ingin menjembatani suatu jurang pemisah antara para fresh graduate sarjana komputer pencari kerja dengan dunia bisnis. Menurut Chandra, pada saat kuliah, para fresh graduate ini, kecuali belajar sendiri, tidak dibekali pengetahuan dan ketrampilan yang cukup memadai untuk membangun sebuah web secara utuh sehingga akan menyulitkan mereka ketika akan terjun baik di dunia kerja atau bisnis nantinya.

Web.Dev.Academy Pitch on #StartUpLokal MeetUp v.4 by Chandra Marsono

Selagi Chandra presentasi, saya berhasil memotret fotografer Chip yang tengah berkonsentrasi penuh mengambil gambar :p

Fotografer Chip di #StartUpLokal MeetUp v.4

Di bagian penutup ada beberapa update dari kompetisi-kompetisi StartUp. Yang pertama memberikan presentasi adalah Fellowship Telkom Indigo.

Fellowship Telkom Indigo di #StartUpLokal MeetUp v.4

Update berikutnya dari Rama yang menceritakan SparxUp Award.

Rama update SparxUp Award di #StartUpLokal MeetUp v.4

Update terakhir dari Mbak Mas Natali Ardianto tentang SwaStartUp. Update penting yang disampaikan adalah batas waktu penyerahan tulisan dan prototype diperpanjang hingga 30 September 2010.

Natali update SwaStartUp di #StartUpLokal MeetUp v.4

Dengan berakhirnya update dari SwaStartUp tersebut, berakhir pulalah acara ini. Seperti biasa, sebelum bubar, ada ritual yang wajib dijalankan yaitu foto bersama. Inilah 2 orang yang paling bersemangat dan paling cepat mengambil posisi untuk foto bersama. Siapakah mereka? :p

2 Perempuan Narsis di #StartUpLokal MeetUp v.4

Usai foto bersama, para peserta pun langsung memulai sesi networking dengan berkenalan, ngobrol dan bertukar kartu nama satu sama lain. Berikut adalah suasana networking malam itu :

Suasana Networking di #StartUpLokal MeetUp v.4

Seru? Datanglah ke #StartupLokal Meetup v.5 pada hari Kamis 2 September 2010 yang mengambil tema tentang keuangan. Acara ini akan menghadirkan Ligwina Hananto dari QM Financials yang akan membahas bagaimana startup sebaiknya mengatur dana dan Dondi Hananto dari Sampoerna yang akan membahas bagaimana mendapatkan investasi baik dari dalam maupun luar negri. Pada meetup kali ini juga akan ada pitch dari NgaturDuit dan NSIAPay. Lokasi belum ditentukan. Ikuti terus Twitter StartUpLokal untuk mengetahui perkembangan selanjutnya..

Tips : Jika ada yang merasa #startuplokal tidak memberikan faedah apa pun, terutama meetup-nya, maka saya bisa dengan yakin bilang bahwa You are not talking to the right person. It’s a networking night, so please for goodness sake, jangan say hi ke orang yang sudah anda kenal, tapi say hi ke orang yang belum anda kenalNatali Ardianto