StartUp Lokal

Laporan #Startup Lokal Meetup v3.0

#StartupLokal Meetup yang diselenggarakan rutin tiap bulan sejak 3 bulan yang lalu itu selalu menjadi acara menarik yang penuh dengan banyak insight baru. Berbagi ilmu, berbagi pengalaman dan kerjasama bisnis startup lokal selalu menjadi bagian yang mewarnai indahnya kebersamaan dalam acara unik ini. Namun untuk #Startup Lokal Meetup v3.0 kali ini ada sesuatu yang berbeda dibandingkan 2 acara meetup sebelumnya. Apakah itu?

Panggung #Startup Lokal v3.0

Mengambil tema mobile industry, #Startup Lokal Meetup v3.0 kali ini menghadirkan 2 orang narasumber yang merupakan pelaku industri mobile lokal Indonesia sukses yakni : Izak Sjahrir, CEO Nexian & co-founder / ex direktur Jatis dan Abul a’la Almaujudy, Managing Director Better-B. Diskusi yang berjalan santai namun sarat dengan insight dari pelaku industri ini dimoderatori oleh Rama.

Berbeda dari 2 acara meetup sebelumnya yang diadakan di sebuah kafe, acara #Startup Lokal Meetup v3.0 diadakan di sebuah Aula di Gedung Citra Caraka (Gedung Telkom). Selain tempat luas dan nyaman yang dapat dipakai tanpa harus membayar, Telkom juga memberikan beberapa snack ringan secara cuma-cuma bagi para peserta yang hadir. Di sini peserta yang hadir juga dapat menikmati WiFi berkecepatan tinggi dengan gratis. Seberapa cepat?

Hasil SpeedTest WiFi Gedung Telkom

Hal baru dari #Startup Lokal Meetup v3.0 ini adalah adanya startups pitch dimana seorang founder startup lokal akan melakukan mempresentasikan konsep startup miliknya dan penonton diberikan kebebasan untuk bertanya atau mempertanyakan konsep startup tersebut. Didiet Noor dari Mijix menjadi founder startup pertama dan satu-satunya pada acara meetup kali ini yang akan pitch mengenai salah satu konsep aplikasi mobile miliknya, Gedego, sebuah mobile game dunia nyata dikombinasikan dengan location-based service.

Startup Lokal 3 Pitch Gedego oleh Didiet Noor dari Mijix

Pada #Startup Lokal Meetup v3.0 kali ini, Natali Ardianto memberikan sedikit pengumuman mengenai SWA Startup yang merupakan program inkubator untuk para startups. Program yang didukung penuh oleh SWA Media Inc ini memiliki misi “Nurture entrepreneurs with fresh brilliant IT ideas that will contribute to the society, worthy and attractive to the investors”.

Program SWA Startup dibagi menjadi 3 fase. Fase pertama mulai dari Juli hingga September 2010 membuka pendaftaran baik dari startup lokal yang telah berjalan, startup lokal yang berupa prototipe maupun startup lokal yang masih berupa ide. Dari pendaftaran yang masuk akan dipilih 20 startup untuk masuk ke fase kedua untuk mengikuti mentoring selama 3 bulan mulai dari Oktober hingga Desember 2010. Mentoring akan diberikan oleh para ahli di bidang finansial, komunikasi, media, marketing, kepemimpinan, team building dan manajemen praktis. Setelah melewati kedua fase tersebut, tibalah fase ketiga yang berlangsung Januari hingga Maret 2011 untuk mencari investor baik investor lokal maupun dinominasikan pada global investor forum funding. SWA akan menampilkan profil setiap startup mulai dari sisi ide, nilai tambah, prospek dan analisis bisnis.

Sekitar pukul 21.30 WIB, #Startup Lokal Meetup v3.0 ditutup dengan acara foto bersama oleh seluruh yang hadir baik peserta maupun pembicara.

#Startup Lokal v3.0 Foto Bersama Courtesy of Rama

Selesai foto bersama, ada pengumuman tambahan yakni akan diadakan pertemuan kurang lebih serupa yaitu Bancakan di Yogyakarta pada 30 Juli 2010 dan Fowab di Bandung pada 31 Juli 2010 mendatang.

Setelah acara resmi selesai, para peserta tidak langsung pulang namun sibuk untuk berkenalan dan ngobrol satu sama lain hingga larut malam. Berikut gambaran beberapa suasana networking setelah #Startup Lokal Meetup v3.0 usai :

Suasana Networking Startup Lokal Meetup 3

Suasana Networking Startup Lokal 3

Suasana Networking Startup Lokal Meetup 3

Menarik? Siapkan jadwal Anda untuk acara berikutnya, #startupLokal meetup v. 4.0 dengan topik komunikasi untuk startups, akan diadakan pada 5 Agustus 2010 di Wisma Kosgoro. Anda memiliki startup dan tertarik melakukan pitch atau presentasi pada acara ini? Silakan hubungi Nuniek di nuniek@nuniek.com.

Tulisan #Startup Lokal Meetup v3.0 dari sisi lain :
a) Lampu Biru
b) Nuniek
c) TeknoJurnal