Social Media Day 2010 Jakarta

Social Media Day Jakarta 2010

Social Media Day yang diprakarsai oleh Mashable ini jatuh bertepatan pada tanggal 30 juni, sebagai perayaan atas kuatnya efek sosial media melalui berbagai situs jejaring sosial. Hari sosial media resmi dirayakan serentak lebih dari 90 negara, termasuk Indonesia pun ikut merayakannya. Di Indonesia khususnya, acara pertemuan dari berbagai pihak yang berkiblat di dunia sosial media ini diselenggarakan di Jakarta dan Bandung.

Mezzaluna Dining Kemang, Jakarta Selatan, menjadi tempat resmi acara perayaan Social Media Day. Pertemuan yang dibuka untuk umum ini dimulai pukul 18:30 WIB. Pengunjung yang mencakup berbagai blogger, facebooker, tweeple, hingga kaskuser ini membuat acara pertemuan ini terasa seperti acara “kopi darat” raksasa. Beberapa raksasa komunitas online di Indonesia : Fresh!, Kaskus, dan Salingsilang menjadi satu team khusus yang mengorganisir acara tersebut, disponsori oleh XL dan Acer.

Liputan secara live via Twitter pun terbuka secara umum melalui hashtag #smdayjkt. Antusiasme pengunjung dapat dirasakan dari ramainya café Mezzaluna oleh kurang lebih 300 pengunjung acara tersebut. Berbagai selebritis online, seperti Raditya Dika, Saykoji, dan Christian Sugiono yang ikut meramaikan acara membuat pengunjung semakin tertarik untuk menghadiri acara ini. Bagi pengunjung yang hadir pun dihadiahi doorprize yang tidak tanggung tanggung : 7 unit Blackberry dari XL dan Netbook dari Acer. Menarik, bukan?

Ikut meramaikan suasana, band Mike’s mengiringi acara pertemuan raksasa tersebut. Tidak hanya sekadar acara kumpul-kumpul, beberapa selebritis sosial media pun mengadakan talkshow dan presentasi lebih lanjut yang berhubungan dengan masalah social media. Herman Kwok dari semut api colony angkat bicara mengenai sparxup award. Enda dari situs Salingsilang.com pun ikut berbagi opini. “Social Media itu menjalin tali silaturahmi lebih erat, tidak terikat jarak.”, ujarnya. Selebritis Twitter Indonesia, Raditya Dika, juga ikut naik ke panggung. Saykoji dan J-flo berpartisipasi dalam memanaskan acara dengan berduet di acara tersebut.

Acara pun diakhiri sekitar pukul 10 malam oleh pembagian doorprize terakhir yang sebelumnya sudah diselingi sepanjang acara.