Cerita #StartUpLokal MeetUp v.5 : Financial & Investment

Jakarta, 2 September 2010 sore itu dalam suasana bulan puasa, saya membelah jalanan Jakarta berangkat dari kantor menuju Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta Pusat di mana Gedung Dewan Pers tempat #StartUpLokal Meetup v5 akan dilangsungkan. Sore itu jalanan Jakarta yang saya tempuh tidak terlalu macet dan ketika saya masuk ke dalam gedung, turunlah hujan rintik-rintik yang semakin lama semakin deras. Acara komunitas kami sore itu membahas tentang bagaimana sebuah StartUp mengatur keuangan perusahaan mereka dan apa saja kiat sebuah StartUp agar dapat memperoleh investasi. Bagaimana cerita selanjutnya?

Tidak seperti registrasi #StartUpLokal MeetUp v.4 sebelumnya yang menggunakan laptop dan terkoneksi internet ke Urbanesia, MeetUp kali ini hanya bertukar kartu nama dari tuan rumah ke peserta, pemberian name tag dan sedikit ngobrol. Tanpa adanya usher, “panitia” #StartUpLokal seperti Nuniek, SaGad, Chandra Marsono dan saya (panitia dadakan -Red) bergantian menjaga registrasi hingga acara mulai.

Meja Registrasi #StartUpLokal MeetUp v.5

Seusai registrasi, para peserta dipersilakan untuk menikmati hidangan prasmanan yang telah disajikan. Setelah makan, peserta pun dipersilakan masuk ke dalam ruangan. Karena acara belum mulai, para peserta ngobrol dan berkenalan satu sama lain.

Pada pukul 19.30 WIB, peserta sudah mulai memenuhi hampir seluruh kapasitas tempat duduk yang disediakan dalam ruangan. Dan Nuniek pun membuka acara dengan bahasa Inggris karena ada beberapa orang Singapore dan Jepang yang hadir di acara ini.

Usai memberikan kata pembukaan, pembicara pertama tidak kunjung datang. Nuniek pun memberikan kesempatan bagi peserta yang ingin sharing tentang startup-nya. Karena tak kunjung ada yang maju, Chandra Marsono akhirnya berinsiatif untuk maju dan sharing tentang program British Council. “Pancingan” Chandra ini berhasil menarik seorang peserta, Leo Ferdinand, untuk sharing startup-nya tentang bertukar game Playstation 3.

Chandra Marsono @ #StartUpLokal MeetUp v.5

Setelah Leo Ferdinand usai memaparkan startup-nya, Natali Ardianto datang dan turut menyampaikan kata sambutan sekaligus menceritakan sejarah singkat terbentuknya #StartUpLokal MeetUp.

Natali Ardianto Speaking @ #StartUpLokal MeetUp v.5

Ketika Natali Ardianto selesai berbicara. Pembicara pertama, Dondi dan Ligwina Hananto masih belum kunjung datang. Akhirnya Jeffry Paine dari Founder Institute yang awalnya direncanakan untuk pembicara ketiga, diminta untuk berbicara terlebih dahulu.

Poin penting Jeffry Paine
“Selain konsep, hal yang sangat diperhatikan investor dalam mempertimbangkan investasi pada suatu startup adalah siapa saja anggota tim startup tersebut.”

Jeffry Paine Speaking @ #StartUpLokal MeetUp v.5

Usai berbicara di podium tanpa slide presentasi, Jeffry Paine kemudian duduk di kursi pembicara ditemani oleh Nuniek yang saat itu bertindak sebagai moderator. Sesi tanya jawab pun dibuka.

Dan di tengah tanya jawab itu, Dondi & Ligwina Hananto akhirnya datang juga. Setelah sesi tanya jawab usai, mereka pun didaulat untuk segera naik ke panggung untuk menduduki kursi pembicara yang telah disediakan.

Seluruh Pembicara dan Moderator @ #StartUpLokal MeetUp v5

Poin penting Ligwina Hananto
Memiliki laporan keuangan yang baik sangat esensial bagi sebuah startup karena akan ada saatnya bertemu dengan investor yang ingin melihat kinerja keuangan sebuah perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Poin penting Dondi Hananto
Saya bukan angel investor. Investor hanya akan melakukan investasi ke bidang usaha yang dia mengerti oleh karena itu sangat penting adanya jembatan penghubung antara investor dan startup.

Tanya jawab berlangsung hangat dan menarik. Karena sudah relatif malam, penanya pun hanya dibatasi beberapa orang saja. Acara kemudian dilanjutkan ke sesi pitching.

Ngaturduit adalah yang pertama kali melakukan pitch.

NgaturDuit Pitch @ #StartUpLokal MeetUp v.5

Yang kedua melakukan pitch adalah NSIAPay.

NSIAPay @ #StartUpLokal Meeting v.5

Dan yang terakhir melakukan pitch adalah FinRoll.

FinRoll Pitch @ #StartUpLokal MeetUp V.5

Setelah sesi pitch selesai, jam telah menunjukan pukul 22.30, seperti biasa, sebelum bubar ada acara foto bareng..

Foto Bareng #StartUpLokal MeetUp v5
Photo by Ollie

Terimakasih kepada Uni Lubis yang telah memberikan fasilitas berupa tempat dan makanan prasmanan secara cuma-cuma untuk acara ini.

#StartUpLokal MeetUp v.6 dijadwalkan akan diadakan pada 14 Oktober 2010. Lokasi belum dipastikan namun kemungkinan besar di Wisma Kyoei. Ingat, lokasi ini masih sangat mungkin untuk berubah. Follow Twitter @StartUpLokal untuk pengumuman resmi-nya. Saya juga akan mengupdate info di blog ini segera setelah lokasinya dipastikan.

Namun yang pasti telah lahir #StartUpLokal Storm : Acara kerjasama komunitas #StartUpLokal dengan partner yang dapat diadakan sewaktu-waktu, dapat merupakan acara berbayar maupun gratis, dengan bermacam-macam tema yang masih ada hubungan dengan startup. Dan inilah #StartUpLokal Storm pertama..

StartUpLokal Storm v1

Update
Bergabunglah ke milis #StartUpLokal untuk mendapatkan informasi eksklusif dari komunitas ini.

Sisi lain #StartUpLokal MeetUp V.5
1) TeknoJurnal : Rekap #startupLokal Meetup v.5 – Financial & Investment
2) Nuniek : Undercover #StartupLokal MeetUp v5 : Finance & Investment for Startups
3) Iman Cinderamata : #StartupLokal Meetup v.5
4) SWA : Start Up Harus Diperlakukan Seperti The Real Company
5) InfoKomputer : #StartUpLokal Semakin Vokal
6) Detikinet : StartupLokal Pertemukan Investor dengan Developer Lokal
7) CoolFounder : #startupLokal Meetup v.5, an Event for Indonesia’s Startups

Audio StartUpLokal MeetUp v.5 Beta
Format : MP3
Ukuran file : 97.56 MB
Durasi Audio : 2 jam 50 menit

#StartUpLokal MeetUp Audio Download

NB : Suara pada 7 menit pertama akan terdengar kecil namun selanjutnya akan terdengar normal.