Yahoo Akuisisi Koprol

Koprol Diakuisisi Yahoo

Kesibukan Yahoo! Belakangan ini tidak menghentikan langkahnya untuk memasuki dunia layanan mobile sosial berbasis lokasi yang kini sedang populer di kalangan komunitas pengguna internet. Usaha Yahoo! untuk membeli Foursquare – yang mengharuskan mereka merogoh kocek sekitar 100 juta dolar US – memang belum terhenti, namun Koprol tentunya terlihat menggiurkan dengan harga yang pastinya jauh dibawah angka tersebut.

Pengguna Koprol dapat saling berinteraksi secara langsung dan saling berbagi informasi, termasuk foto, ataupun resensi mengenai lokasi tertentu hanya dengan menggunakan browser di perangkat selular. Para penggunanya hanya cukup “check-in”, dan bisa memantau keberadaannya atau berinteraksi dengan sekitar: memantau informasi bisnis lokal, toko, hingga restoran.

Koprol hanya membutuhkan waktu 6 bulan untuk meyakinkan Yahoo! atas potensi yang dimilikinya untuk membantu Yahoo! merambah fitur layanan berbasis lokasi, terutama di daerah Asia. “Sejak awal, kami telah mendayagunakan teknologi terbuka dari Yahoo untuk membantu pengembangan bisnis kami, dan baru enam bulan yang lalu kami pertama kali memamerkannya di Yahoo! Hack Day yang diselenggarakan di Indonesia,” ujar Fajar Budiprasetyo, CEO dan salah satu pendiri Koprol, seperti dilansir Yahoo Finance, Selasa (25/5/2010).

Akuisisi ini dianggap cukup menguntungkan bagi kedua belah pihak. Investasi Yahoo! memiliki pengaruh besar bagi Koprol untuk terus mengembangkan fitur-fitur yang mereka miliki, termasuk penambahan layanan lokasi yang lebih “menggigit”, penggunaan dalam Bahasa Indonesia, serta terbukanya kesempatan untuk berbisnis lebih jauh. Bagi Yahoo!, Koprol diakui mampu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan informasi tentang komunitas dengan cara unik yang khusus dirancang untuk perangkat selular. Pola kemudahan itulah yang tengah menjadi tren di dunia komunikasi saat ini. “Pengguna di negara berkembang semakin bergantung untuk berkomunikasi secara intergrasi antara perangkat mobile dan komputer PC,” kata Senior Vice President Asia Region Yahoo! Rose Tsou.

Pengumuman akuisisi ini juga bertepatan dengan peluncuran aplikasi Koprol untuk BlackBerry yang tentunya semakin mendukung Koprol untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu aplikasi jaringan sosial yang cukup populer di Indonesia.

Picture courtesy of @Juventia_