Echelon 2010

Start-Ups Indonesia di Echelon 2010

Echelon 2010 akan diselenggarakan dalam waktu kurang dari 30 hari lagi. Sebanyak 38 start-ups dari berbagai negara Asia seperti Indonesia, Singapore, Vietnam, China, India, Hongkong, Jepang, Filipina, Pakistan dan Malaysia turut ambil bagian dalam acara ini. Singapore mengirimkan 17 peserta yang merupakan negara dengan jumlah peserta terbanyak dalam acara tahun ini. Indonesia sendiri yang tahun 2009 lalu hanya diwakili oleh Evolitera yang merupakan satu-satunya start-up Indonesia namun kali ini diwakili oleh 6 start-ups yang beberapa di antaranya telah cukup dikenal di Indonesia. Siapa sajakah mereka?

1) AMN

AMN Logo

Pada akhir tahun 2008, AMN terpilih sebagai salah satu dari tiga pemenang kompetisi iMulai 2.0 – sebuah kompetisi dan penghargaan inovasi solusi bisnis yang diadakan oleh Microsoft dan SENADA (USAID). Proposal inovasi yang diajukan oleh AMN berjudul Collaborative eBusiness System (CES) – suatu sistem komunikasi business-to-business (B2B) yang beroperasi di internet. CES dibangun untuk meningkatkan efektivitas manajemen rantai pasokan. Dengan manajemen rantai pasokan yang efektif, bisnis dapat lebih responsif terhadap kebutuhan konsumen dan mengurangi biaya operasional.

2) BukuQ

BukuQ Logo

Sebuah aplikasi jaringan sosial dimana pengguna dapat mensimulasikan kehidupan sosial mereka di dalamnya. Untuk dapat dibedakan dengan jaringan sosial yang ada umum, BukuQ telah menargetkan pengguna yaitu pecinta buku karena mereka memiliki kepentingan yang sama, mereka akan senang untuk berbagi review, peringkat, dan diskusi tentang buku-buku.

BukuQ menekankan muatan lokal. Hal ini meningkatkan informasi buku streaming ke pengguna berdasarkan lokasi mereka – buku yang terdekat, pembaca terdekat lainnya, toko buku paling dekat, perpustakaan, bahkan tidak sedikit yang menggunakan buku toko seberang jalan.

Apa yang membuat BukuQ unik adalah konsep one stop service di mana setiap pengguna tunggal, dengan peran yang berbeda (pembaca, toko buku, perpustakaan, penerbit) dapat berbagi koleksi mereka dalam satu komunitas besar.

3) Krazy Market

KrazyMarket Logo

Pasar khusus online yang berfokus pada hobi, minat, unik, dan barang-barang koleksi. Misinya adalah untuk menyediakan tempat dan alat bagi orang untuk menghubungkan dan perdagangan barang khusus dengan cara yang mudah dan efektif. Krazy Market menawarkan layanan pembayaran ShopSafe dan TitipJual menjual layanan untuk membantu membuat perdagangan mudah bagi komunitas.

Melalui permainan Krazy Deals dan penawaran, Krazy Market memberikan komunitas mereka kesempatan untuk membeli pada harga “Krazy” dengan cara menyenangkan dan menghibur. KrazyMarket juga berusaha untuk membantu minat khusus banyak komunitas di Indonesia yang bertemu online dan berbagi tentang kecintaan mereka.

4) Medresa

Medresa Labs

Sistem e-learning yang dapat membuat proses belajar menjadi menarik dan kolaboratif. Sekolah, komunitas dan perusahaan dapat mengunduh dan memanfaatkan dengan gratis. Medresa akan terbagi menjadi : Medresa platform, medidu.com, Medresa on AIR, dan konsultasi e-learning. Portofolio konsultasi e-learning Medresa hingga saat ini adalah pada “Pelatihan e-learning untuk Guru” di SMPN 38.

5) Koprol

Koprol Logo

Komunitas bergerak terbesar Indonesia di mana orang-orang dapat melakukan percakapan berdasarkan tempat. Koprol memiliki direktori berkembang tempat di mana Anda dapat “check-in berbagi foto” dan komentar perdagangan, dan tinjauan, dengan teman-teman Anda dan orang lain di dekatnya.

Koprol membantu Anda menemukan orang-orang baru dan menarik dan tempat-tempat di dunia. Sementara jaringan sosial lain membuat Anda tinggal di depan komputer, Koprol berjalan dengan Anda sebagai roll Anda berkeliling kota dan menemukan teman-teman untuk bertemu di kehidupan nyata.

Koprol dirancang untuk orang-orang di kota-kota Asia. Memiliki database dikelola dengan baik tempat. Ia bekerja pada browser telepon dan tidak membutuhkan GPS.

5) Tokopedia

Tokopedia Logo

Ensiklopedia toko-toko online Indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan lebih aman dan nyaman. Meski masih dalam status beta, Tokopedia yang diluncurkan pada 17 August 2009 ini telah berhasil meraih bubuAward v.06 pada tahun 2009 untuk kategori e-commerce. Pada 25 Maret 2010, Tokopedia mendapatkan suntikan dana yang nilainya dirahasiakan dari East Ventures, sebuah perusahan Singapore yang berfokus untuk mendanai bisnis internet.

6) Urbanesia

Urbanesia Logo

Sebuah direktori gaya hidup kota online yang didedikasikan untuk membuat hidup kota menyenangkan dan nyaman dengan menyediakan informasi untuk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari. Pencarian berbasis lokasi membantu pengguna untuk menemukan bisnis di area tertentu. Dalam Urbanesia, pengguna diizinkan untuk berkontribusi isi seperti review, foto, promosi dan acara untuk bisnis. Lebih penting lagi, Urbanesia membantu pemilik usaha untuk mempromosikan bisnis mereka secara efisien kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk mereka.

Lima bulan sejak peluncuran beta, Urbanesia menempati peringkat 343th di Indonesia menurut Alexa.com. 92% dari keseluruhan lalu lintas dihasilkan oleh SEO Urbanesia.